Mohon tunggu...
Zanuar iqbalfazumi
Zanuar iqbalfazumi Mohon Tunggu... MAHASISWA UNEJ

181910501037

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Kemajuan Pertanian bagi Pembangunan Ekonomi

15 September 2019   23:23 Diperbarui: 15 September 2019   23:28 0 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan negara kepulaun terbesar didunia, indonesia mempunyai pulau lebih dari 17.500 pulau dengan 5 pulau besar yakni Pulau Sumantera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Papua dan Pulau Jawa, dengan kekayaan sumber daya alam yang sangat melimbah diseluruh wilayah Indonesia. Kekayaan alam indonesia yang sangat melimpah merupakan anugera tersendiri bagi rakyat Indonesia, dengan kekayaan yang tersedia merupakan potensi bagi masyarakat Indonesia yang dapat di manfaat masyarakayt sebagai ladang ekonomi dan sudah dimanfaatkan sejak zaman dulu. Namun, pada saat ini masyarakat Indonesia hanya bergantung dengan hasil pertanian yang harga jualnya bisa dibilang rendah. Seriring majunya zaman, inovasi-inovasi sangat diperlukan terutama dibidang pertanian Indonesia yang kemajuannya sangat lambat dibandingkan negara-negara lain. Seperti di Negara Jepang, pada saat ini jepang merupakan salah satu negara dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat dibandingkan negara-negara di Asia lainnya. Kemajuan teknologi di Negara Jepang sudah dimanfaatkan pada sektor pertaniannya dan para petani di Jepang sangat dibantu dan produk pertaninya lebih berkualitas dibanding Indonesia yang pertaniaanya masih menggunakan cara yang Tradisional.

Pada saat disparitas ekonomi antar daerah di indonesia setiap tahunnya semakin meningkat, pulau jawa merupakan rata-rata pertumbuhan PDRB yang paling tinggi pada tahun 2006-2015 mencapai 5,3% dengan tingkat kemiskinan 9,3% dan pulau Kalimantan sebagai rata-rata pertumbuhan PDRB yang maling renda hanya 4,3% dengan tingkat kemiskinan 6,2%. Pembangunan ekonomi disuatu wilayah sangat penting bagi negara berkembangan seperti Indonesia  yang tingkat kemiskinan tinggi. Pada saat ini Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan, tertutama pembangunan asesbilitas yang berupa jalan tol dengan kondisi asesbilitas yang baik dapat mempermudah akitivitas ekonomian suatu daerah. Namun terdapat 3 pilar yang harus diperhatikan dalam melakukan pembangunan :

  • Ekonomi, dalam melakukan pembangunan harus memperhatikan akan kebutuhan ekonomi di masa kini tanpa mengorbankan kebutuhan untuk perekonomian di masa mendatang.
  • Ekologi (Lingkungan, Kondisi lingkungan merupakan pilar yang paling sensitive dalam suatu negara karena sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup masyarakatnya. Sehingga lingsungkan harus sangat diperhatikan sesuai kemapuan dan daya dukung lahan, agar lingkungan tetap aman dan lestari.
  • Sosial, seperti pilar Lingkungan, setiap pembangunan pasti bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya, yang pasti akan berdamak pada kondisi sosialnya baik maupun buruk.

Terdapat 4 macam kegiatan ekonomi disuatu wilayah. 1) Pertanian, pertanian merupakan sektor yang setiap tahunnya terus menurun, akan tetapi kebutuhannya terus meningkat dan Indonesia merupakan negara agraria dengan potensi pertanian sangat besar. Sehingga, potensi untuk meningkatan perekonomian sangat besar. 2) Perdagangan dan Jasa, merupakan kegiatan pada saat ini sedang meningkat namun, jika suatu wilayah kegiatan ekonominya hanya perdanganan dan jasa merupakan masalah. Industri Pengolaan. 3) Industri pengolaan, merupakan kegiatan ekonomi yang cukup penting karena dapat meningkatan harga jual suatu barang. 4) Infrastruktur, kegiatan perekonomian tidak dapat berjalan dengan baik jika infrastrukturnya tidak memadai.

Pertumbuhan perekonomian sangat berpengaruh akan tingkat pengangguran sehingga kesejateraan masyarakat ikut meningkat. Pembangunan ekonomi juga berperan dalam pemenuhan kebutuhan pangan disuatu wilayah. Program-program yang dilakukan pemerintah merupakan langkah yang sangat positive untuk meningkatan perekonomian bagi para petani yang masih menggunakan cara yang masih tradisional, dengan program pemerintah para pertain dapat lebih tau cara bertani yang lebih modern dan menghasilkan produk pertanian yang lebih berkualitas dan cara memasarkan yang baik.