Mohon tunggu...
zamsul bakhri
zamsul bakhri Mohon Tunggu... Planter

Seorang planter, menghabiskan waktu bersama matahari

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Jelang Indonesia Open 2019, Berharap pada Siapa?

10 Juli 2019   14:29 Diperbarui: 11 Juli 2019   02:32 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jelang Indonesia Open 2019, Berharap pada Siapa?
Marcus Gideon/Kevin Sanjaya menjadi kampiun Indonesia Open 2018 di sektor ganda putra (Foto: Adek Berry/AFP Photo)

Indonesia Open 2019 sebentar lagi akan bergulir, tepatnya pada tanggal 16 hingga 21 Juli 2019 di Istora Senayan, Jakarta. Pada kompetisi dengan total hadiah mencapai 1,25 juta US Dollar itu, Indonesia akan menurunkan total 24 wakil.

Melihat susunan pemain yang akan diturunkan, sepertinya akan berat bagi Indonesia untuk mendominasi perhelatan Indonesia Open kali ini. Pada tahun 2018, Indonesia hanya berhasil mengoleksi dua gelar juara yaitu dari ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Mampukah Marcus Gideon/Kevin Sanjaya mempertahankan gelarnya kali ini  dan sanggupkah Tontowi Ahmad menjadi juara ketiga kali beruntun dengan pasangan barunya?

Tunggal Putra
Indonesia menurunkan 3 pemain tunggal putra pada turnamen ini. Mereka adalah Anthony Ginting (7), Jonatan Christie (6), dan Tommy Sugiarto. Indonesia tentu berharap banyak kepada Jonatan Christie yang berhasil menjuarai New Zealand Open dan Australia Open pada bulan Mei dan Juni yang lalu serta Anthony Ginting yang berhasil mencapai final Singapore Open dan Australia Open.

Jika berhasil lolos kebabak selanjutnya, baik Ginting maupun Jojo sudah ditunggu lawan-lawan berat. Ginting berpotensi bertemu dengan Kento Momota yang merupakan unggulan pertama cabang tunggal putra sedangkan Jojo kemungkinan akan berhadapan dengan Lin Dan atau Chou Tien Chen yang merupakan unggulan keempat jika keduanya berhasil lolos ke perempatfinal.

Dan sepertinya Indonesia masih akan menunggu lebih lama untuk kembali menguasai sektor ini. Terakhir kali Indonesia keluar sebagai juara di tunggal putra yaitu pada edisi tahun 2012 lewat Simon Santoso.

Tunggal Putri
Ruselli Hartawan, Gregoria Mariska Tunjung, Lyanny Mainaky, dan Fitriani menjadi wakil Indonesia pada tunggal putri. Namun melihat lawan-lawannya pada babak pertama, sepertinya wakil tunggal putri Indonesia hanya akan bertahan hingga babak kedua.

Indonesia terakhir menjuarai tunggal putri pada tahun 2001 atau 18 tahun yang lalu melalui Ellen Angelina, namun ketika itu Indonesia Open sedang tidak diikuti oleh para pemain unggulan atas. Dan kali ini, sepertinya Indonesia masih akan puasa gelar pada edisi ini.

Ganda Putra
Indonesia menurunkan 6 pasangan pada nomor ini dengan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya (1), Berry Angriawan/Hardianto, Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf Santoso, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (4) dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (6) siap menguasai.

Peluang Indonesia keluar sebagai juara pada nomor ini terbilang besar karena 3 pasangan Indonesia menjadi unggulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2