Mohon tunggu...
Zamhari
Zamhari Mohon Tunggu... Penulis - Internet Marketer

Tinggal di Jogja Mahasiswa Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Pakar SEO | Pakar Artikel SEO | Pembicara Internet Marketing

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Cara Membatalkan Pembayaran di Google Play

2 November 2021   11:30 Diperbarui: 2 November 2021   13:15 1300 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: play.google.com

Banyak orang bingung mengenai cara membatalkan pembayaran di Google Play. Padahal ada cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Google tak hanya menyediakan fitur refund saja, namun juga menu pembatalan langganan aplikasi.

Proses pengembalian dananya pun tergolong cepat prosesnya jika Anda melakukannya dengan segera. Tetapi proses menjadi lebih lama ketika pengajuan sudah lebih dari 2 jam. Untuk itu, ketika mengalami masalah ini harus lebih cepat mengajukan agar tidak rumit mengurusnya.

Membatalkan Pembayaran Di Google Play

Langkah yang paling tidak sulit adalah dengan langsung membatalkannya dari Google Play Store. Prosesnya mudah dan cepat, kalau mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda hanya perlu kecepatan langkah dalam bertindak.

Langkah-langkah di bawah ini bisa dijadikan panduan bagi yang ingin tahu cara membatalkan pembayaran di Google Play. Memang perlu waktu, tetapi tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sayang kalau uangnya tidak kembali dan hilang sia-sia begitu saja.

Membatalkan pembelian Aplikasi

Mungkin suatu hari anda pernah tidak sengaja membeli suatu aplikasi karena handphone dimainkan anak-anak. Atau mungkin juga membeli aplikasi baru, namun ternyata tidak kompatibel dengan versi handphone sehingga tidak nyaman. Hal ini bisa Anda atasi dengan meminta refund kepada Google Play.

Cara mengajukan refund adalah sebagai berikut:

  • Bukalah laman Google di https://play.Google.com/store/account
  • Pada menu riwayat pesanan, carilah pesanan yang ingin Anda batalkan.
  • Kemudian pilihlah laporkan masalah atau pengembalian dana.
  • Jangan lupa jelaskan masalah yang dialami.
  • Isi formulir yang tersedia dengan lengkap dan beri catatan ingin dana Anda kembalikan.
  • Kemudian akan ada notifikasi pesan yang bertuliskan, terima kasih telah menyampaikan kekhawatiran anda.
  • Tunggu selama 15 menit untuk mendapatkan email mengenai keputusan pengembalian dana dan 4 hari kerja untuk menunggu dana masuk ke rekening.
  • Ketika membeli banyak produk yang ingin Anda batalkan, maka harus mengulangi setiap langkah untuk satu produk.

Anda juga dapat langsung menggunakan cara refund Google play store dari aplikasi yang sudah Anda beli. Biasanya di samping tombol open ada tombol refund. Sehingga pengajuan bisa Anda lakukan dengan mengetuk tombol tersebut. Tetapi kalau tombol tersebut sudah hilang, artinya sudah lewat batas atau sudah melakukan pembelian kedua.

Tapi bagaimana kalau sudah lewat dari 2 jam? Tetap bisa dilakukan pengajuan namun sedikit lebih rumit yaitu dengan mengisi formulir di link berikut ini:

https://support.Google.com/Googleplay/contact/play_request_refund_apps

Tagihan dari orang tak dikenal juga bisa dilaporkan sebelum 120 hari transaksi dilakukan pada link diatas. Memang seringkali ada orang yang iseng menggunakan akun orang lain untuk melakukan pembelian Google Play.

Membatalkan Langganan Aplikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan