Mohon tunggu...
zaldy chan
zaldy chan Mohon Tunggu... ASN (Apapun Sing penting Nulis)

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Terkadang, Pakaian dan Makanan adalah Jebakan Gaya Hidup

29 Oktober 2020   23:14 Diperbarui: 30 Oktober 2020   07:56 1093 49 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Terkadang, Pakaian dan Makanan adalah Jebakan Gaya Hidup
Ilustrasi Pakaian (sumber gambar : pixabay.com)

Apakah pakaian itu?

Pertanyaan ngeyel ini, terkadang perlu dipikir ulang. Setidaknya menurutku sebagai orangtua yang memiliki anak berusia remaja. Saat menyigi beragam mode pakaian anak muda yang lagi hits saat ini.

Jika berpijak pada asal kata. Pakaian adalah sesuatu yang dipakai. Apapun bentuk dan modelnya. Jika digunakan, maka dianggap pakaian. Jadi, tak hanya baju, yang sepakat dianggap pakaian, kan?

Ilmu pengetahuan bisa dijadikan pakaian. Pemahaman keagamaan atau keyakinan juga pakaian. Cara bersikap dan berprilaku pun termasuk pakaian. Kenapa? Karena digunakan!

Ilustrasi Perempuan berbelanja Pakaian (sumber gambar : pixabay.com)
Ilustrasi Perempuan berbelanja Pakaian (sumber gambar : pixabay.com)
Setidaknya, fungsi pakaian, bisa dilihat dari tujuan pemakaiannya. Menurutku, akan terurai menjadi tiga kegunaan atau fungsi.

Pertama. Pelindung

Ini bisa dilihat pada fungsi awal baju. Sebagai pelindung dari perubahan cuaca juga bermacam ancaman serangga. Misal? Ketika cuaca hujan, pakaian tebal, jaket atau mantel difungsikan. Namun, memilih pakaian panjang bisa melindungi kulit dari terbakar sinar matahari, kan?

Kedua. Penutup

Pernah dengar penutup aurat? itu salah satu fungsi pakaian. Aurat itu tak hanya organ tubuh yang sensitif. Pakem aurat setiap individu akan berbeda. Tergantung ruang kepentingan, kepercayaan serta keyakinan pribadi masing-masing, kan?

Ketiga. Pembeda

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x