Mohon tunggu...
Zakiah
Zakiah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Kesempurnaan bukanlah tujuan akhir, tetapi proses yang berkelanjutan, Nikmati dan hargai setiap proses tersebut dengan penuh rasa syukur

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

7 Tips Bekerja dengan Nyaman di dalam Kereta Api

4 November 2023   09:07 Diperbarui: 4 November 2023   09:20 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumen Pribadi

7 Tips Bekerja dengan Nyaman di Dalam Kereta Api

Dalam dunia yang semakin terhubung dan produktif saat ini, banyak dari kita harus bekerja saat bepergian. Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh, dan ini bisa menjadi waktu yang produktif untuk bekerja. Namun, bagaimana kita bisa bekerja dengan nyaman di dalam kereta api yang mungkin tidak selalu stabil dan tenang? Berikut adalah 7 tips untuk membantu Anda bekerja dengan nyaman di dalam kereta api:

1. Pilih Tempat Duduk dengan Bijak

Memilih tempat duduk yang tepat adalah langkah pertama untuk kenyamanan bekerja di dalam kereta api. Cobalah untuk memilih tempat yang memiliki meja kecil atau ruang yang cukup untuk bekerja. Juga, pertimbangkan posisi Anda dalam gerbong, karena tempat duduk dekat pintu atau di kereta makan mungkin lebih berisik.

2. Persiapkan Peralatan dengan Baik

Pastikan Anda membawa peralatan kerja Anda dengan baik. Bawa laptop, tablet, atau perangkat lain yang Anda butuhkan untuk pekerjaan Anda. Pastikan baterai perangkat Anda terisi penuh dan bawa charger cadangan jika diperlukan.

3. Gunakan Headphone Berkualitas

Kereta api seringkali memiliki latar belakang suara yang bising. Menggunakan headphone berkualitas akan membantu Anda fokus pada pekerjaan Anda dan mengurangi gangguan dari keramaian.

4. Manfaatkan Waktu Pergi dan Pulang

Perjalanan kereta api Anda dapat digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi atau tugas yang lebih penting. Jadwalkan pekerjaan yang lebih ringan untuk saat Anda pulang, saat kereta mungkin lebih ramai dan bising.

5. Gunakan Aplikasi Offline

Pastikan Anda memiliki akses ke dokumen dan aplikasi penting dalam mode offline. Koneksi internet di dalam kereta api mungkin tidak selalu stabil. Dengan demikian, mengunduh dokumen atau menggunakan aplikasi yang dapat diakses tanpa koneksi internet akan membantu Anda tetap produktif.

6. Tetap Terhubung dengan Hotspot Seluler

Jika Anda sangat bergantung pada internet, pertimbangkan menggunakan hotspot seluler jika kereta api tidak menyediakan koneksi WiFi. Ini akan memungkinkan Anda tetap terhubung dengan pekerjaan Anda.

7. Tetap Jaga Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Istirahat

Kereta api juga dapat menjadi tempat yang bagus untuk bersantai. Jangan lupa untuk mengambil istirahat sesekali, nikmati pemandangan, atau baca buku favorit Anda. Jaga keseimbangan antara bekerja dan beristirahat untuk menjaga produktivitas dan kenyamanan Anda.

Bekerja di dalam kereta api dapat menjadi pengalaman yang efisien dan menyenangkan jika Anda mengikuti tips-tips di atas. Dengan persiapan yang baik dan manajemen waktu yang bijak, Anda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan sambil menikmati perjalanan Anda. Selamat bekerja dengan nyaman di dalam kereta api!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun