Mohon tunggu...
Zairiyah kaoy CH CHt
Zairiyah kaoy CH CHt Mohon Tunggu... Penulis Informatif dan Inspiratif, Hypnoterapis.

Banyak yang abai kepada sisi psikologis diantara sesama, menulis dan memberi informasi positif untuk meredakan kesalahpahaman dalam setiap hubungan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Herbal dan Air Putih

25 April 2021   08:40 Diperbarui: 25 April 2021   08:42 130 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Herbal dan Air Putih
sumber: 60 percent/flickr

Saya sangat berduka untuk orang orang yang pernah menderita gagal ginjal dan ingin sekali mengajak banyak orang untuk jangan pernah mengabaikan air putih dalam hidupnya. Seperti kita ketahui bersama bahwa air putih sangat bermanfaat bagi kehidupan terutama tubuh manusia. saya pernah mengulas manfaat air putih ini di artikel sebelumnya.

Air putih ini sangat murah dan mudah untuk dikonsumsi. Tidak perlu penyaringan ekstra, justru air putih sebagai pelarut di dalam tubuh. Hasil dari percakapan saya dengan mereka yang pernah mengalami penyakit kronis seperti hipertensi, asam urat, ginjal, diabetes, hepatitis C, bahwa mereka jarang mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuhnya.

Setelah mereka rutin mengkonsumsi air putih yang sesuai dan berolahraga, mereka telah sehat kembali. Kecuali bagi yang telah terkena gagal ginjal permanen, konsumsi air putih sesuai anjuran dokter. Sebelum mengalami kerusakan permanen tersebut ada baiknya kita menjaga ginjal dengan mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh.

Kurangnya asupan air putih ke dalam tubuh membuat organ tubuh kelelahan mengolah, menyaring dan membuang ampas dari metabolisme. Seperti contoh pada orang yang awalnya terkena asam urat dan kolestrol hingga berdampak mengidap hipertensi dan gagal ginjal. Terjadi komplikasi pada tubuhnya.

Fungsi Ginjal

Dilansir dari nefrologi, ginjal berfungsi menyaring kotoran terutama urea (senyawa organic yang tersusun dari unsur karbon, hydrogen, oksigen dan nitrogen) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Menjaga keseimbangan cairan, elektrolit dan asam basa didalam tubuh. Menstimulasi pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah dan pengaktifan vitamin D.

Kemudian menyerap cairan dan molekul kembali yang masih diperlukan tubuh, molekul dan dan sisa cairan lainnya akan dibuang. Penyerapan kembali dan pembuangan dilakukan menggunakan mekanisme pertukaran lawan arus dan kontranspor. Hasil akhir akan diekskresikan disebut urin.

Bila ginjal kekurangan air dalam waktu yang lama, dapat mengganggu proses penyaringan senyawa organik dari dalam darah. Mengganggu sistemnya mulai dari penyaringan, keseimbangan elektrolit dan kelebihan atau kekurangan asam basa dalam tubuh hingga tekanan darah manusia. Mengakibatkan berbagai penyakit kronis hingga gagal ginjal permanen.

Penyebab Turunnya Fungsi Ginjal

Menurut dr.Diana Putri Veronica, Pada orang yang mengalami gagal ginjal akut, terjadi penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan cairan dan darah, cedera pada ginjal atau sumbatan yang menyebabkan kembalinya cairan ke ginjal. Terdapat faktor umum lainnya yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit ginjal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x