Mohon tunggu...
Zairiyah kaoy CH CHt
Zairiyah kaoy CH CHt Mohon Tunggu... Penulis Informatif dan Inspiratif, Hypnoterapis.

Banyak yang abai kepada sisi psikologis diantara sesama, menulis dan memberi informasi positif untuk meredakan kesalahpahaman dalam setiap hubungan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Hubungan Ibadah dengan Sistem Syaraf dan Kesehatan

24 April 2021   08:15 Diperbarui: 24 April 2021   08:17 139 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hubungan Ibadah dengan Sistem Syaraf dan Kesehatan
sumber. Neuroscience/flickr

Kesehatan pada diri manusia terdiri dari kesehatan fisik dan psikisnya, jasmani dan rohani. Kesehatan fisik berhubungan dengan anggota tubuhnya dan rohani adalah jiwa atau batiniah seseorang, dan memiliki ciri tertentu. Psikis sakit dapat mempengaruhi cara bersosialisasi dan kehidupan antara diri dan batinnya sendiri.

Kesehatan mental adalah suatu hal yang bersangkutan dengan batin dan watak manusia. suatu kondisi yang berhubungan dengan mental manusia. kondisi batin yang baik dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan manusia untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang di sekitarnya.

Batin yang mengalami sakit tidak mudah merasakan kebahagian, tidak mudah membahagiakan orang lain, selalu mengingat hal yang menyakitkannya membuat mereka selalu bersedih, marah, dll. Perasaan ini tentu sangat tidak nyaman dirasakan, menimbulkan berbagai insecure. Berdampak kepada kesehatan fisik.

Terkadang manusia merasa kesulitan untuk menolak rasa insecure tersebut dari dalam hati dan pikirannya, namun dapat dilatih dengan banyak cara salah satunya dengan berpuasa. 

Terdapat kaitan antara puasa dan ketenangan mental seseorang. Terhubung antara organ tubuh dan pola hidupnya, mempengaruhi cara berpikir dan banyak hal positif lainnya.

Batin sangat terhubung dengan fisik seseorang. Selalu berdampingan di antara keduanya, bila salah satunya sakit tentu yang lainnya mengiringi. Beribadah salah satu cara mengantisipasi kelebihan emosi negatif dari dalam diri manusia, bila psikis sakit tentu tubuh tidak akan terawat dengan baik, cenderung membiarkan apapun memasuki tubuhnya.

Puasa dan Kesehatan Manusia

Terdapat 2 fase saat berpuasa yaitu, fase pencernaan normal 6-8 jam dan fase istirahat 6-8 jam. Pada saat fase istirahat terjadi degradasi (penurunan) lemak dan glukosa di dalam darah. 

Terjadi peningkatan HDL (menjaga kardiovaskuler)  dan penurunan LDL (menjaga kesehatan pembuluh darah) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Hubungan Puasa Dengan fisik Manusia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x