Mohon tunggu...
Muhammad Zaini
Muhammad Zaini Mohon Tunggu... Mahasiswa STEI SEBI (2018-sekarang)

Pernah dimatikan dan dihidupkan berkali-kali

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kenapa Harus Suka Membaca?

14 Februari 2020   17:13 Diperbarui: 14 Februari 2020   17:23 502 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenapa Harus Suka Membaca?
Foto: Muhammad Zaini

Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "Membaca". Membaca adalah lentera, lentera bagi hati untuk bisa melihat dunia lebih jelas. Agar tidak salah jalan, agar tidak mudah tersesat dan dapat menjadi penunjuk arah, dalam mengarungi luasnya samudera kehidupan.

Membaca bukan hanya milik segelintir orang yang katanya memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan. Membaca adalah milik semua orang, milik kita bersama, yang bebas untuk kita miliki dan nikmati.

Membaca tidak akan membuat kita rugi. Malahan dapat membawa keuntungan tersendiri. Keuntungan apa yang bakal kita dapatkan dari membaca? Berikut beberapa keuntungannya:

1. Bisa Keliling Dunia

Kata siapa keliling dunia itu mahal dan sulit untuk kita lakukan?. Mau ke Eropa? Cukup dengan mengunjungi buku yang menceritakan tentang Eropa, kita sudah bisa merasakan bagaimana rasanya berada di Eropa. Walaupun tidak nyata, setidaknya kita bisa tau tentang Eropa tanpa raga kita yang harus pergi ke sana. Begitu juga kalau kita ingin pergi Afrika, cukup baca buku yang menceritakan tentang Afrika, maka kita akan merasa seolah-olah sedang berada di Afrika, walaupun kita kenyataannya masih ada di Indonesia.


2. Menambah Kosa Kata

Dengan membaca, secara tidak langsung akan menambah perbendaharaan kata yang dapat membantu kita dalam berkomunikasi, berbicara, dan menuliskan apa yang ada dalam hati dan pikiran kita untuk disampaikan kepada orang lain. Banyaknya perbendaharaan kata yang kita miliki, akan membuat kita lancar untuk ngomong atau berbicara di depan publik. Bagi seorang penulis, banyaknya perbendaharaan kata yang dimiliki, akan sangat membantu dalam menuliskan apa yang ingin ditulis. Membacalah, maka perbendaharaan kosa kata kita akan bertambah.


3. Tidak Gampang Dibodohi

Orang yang jarang membaca, rentan gampang dibodohi orang lain. Sebab apa? Sebab wawasan dan pengetahuannya kurang. Sehingga, apapun yang orang lain beritahukan kepadanya, dia anggap sebagai informasi yang dapat dipercaya. Padahal, bisa jadi apa yang orang lain sampaikan kepadanya itu hanyalah sebuah kebohongan yang digunakan untuk membodohi dirinya.


4. Meningkatkan Daya Kritis

Banyak membaca, akan membuat kita menjadi lebih kritis dalam mencerna setiap informasi yang kita dapatkan. Apakah informasi itu benar? Apakah ada kejanggalan? Apakah ada kekeliruan? Dari informasi yang sampai ke telinga kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x