Travel-story Pilihan

Status Perjalanan (16), Aroma Pedesaan Jerman

16 April 2018   16:56 Diperbarui: 16 April 2018   16:56 520 1 0
Status Perjalanan (16), Aroma Pedesaan Jerman
Suasana dalam bus menuju Schwerin

Siang ini naik bus dari Wismar ke Schwerin, sekitar satu jam perjalanan. Bus yang nyaman dan lapang serta suspensi yang lembut. Setelah itu lanjut ke Hamburg, naik kereta IC juga satu jam  lebih tiga puluh menit waktu yang ditempuh. 

Sebelum sampai di Schwerin, bus berhenti di Bad Kleinen. Seharusnya bisa dari Wismar ke Hamburg, langsung naik kereta dengan beberapa kali pindag kereta, yakni di Bad Kleinen. Namun ada perbaikan jalur kereta di stasiun Bad Kleinen, akhirnya rencana ke Hamburg hari ini harus melalui Schwerin.

Bersyukurlah, dengan dengan sesekali naikbus antar kota di Benua Biru ini,  saya bisa menikmati aroma pedesaan di pedalaman Jerman, sepanjang perjalanan. Jalan yang mulus dan bersih. Rumah-rumah yang nampak tertata di sisi-sisi jalan.

Rumah di pedesaan Jerman.(dokpri)
Rumah di pedesaan Jerman.(dokpri)

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Suasana pedesaan Jerman, sepi. Di jalan yang mulus beraspal hotmix hanya nampak beberapa mobil yang lalu lalang. Jangan bertanya soal sepeda motor, sebab saya tak pernah melihat melintas kendaraan roda dua itu,  sebiji sekalipun. 

Di perempatan jalan, walau sepi, pengguna jalan tetap tertib dan disiplin. Tak ada yang berani menerobos trafic light ketika lampu stop menyala.  Mobil kecil ataupun bus yang saya tumpangi, sama sekali tak mau berhenti menginjak zebra cross di perempatan jalan.

Pengguna jalan raya di Jerman ini sungguh menyadari rambu-rambu lalulintas. Tak ada keinginan sedikitpun untuk melanggar.

Saya melewati banyak danau-danau kecil. Dan, genangan-genangan air yang beku.

Rasanya ingin menetap di sini, di salah satu pedesaan Jerman ini, menikmati aroma pedesaan Jerman sepuas hati, sambil bertani.

ZT - Bad Kleinen 8 Januari 2018