Mohon tunggu...
Zahrotul Mutoharoh
Zahrotul Mutoharoh Mohon Tunggu... Guru - Semua orang adalah guruku

Guru pertamaku adalah ibu dan bapakku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Evaluasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus

5 April 2022   20:39 Diperbarui: 5 April 2022   20:59 204 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan adalah hak setiap warga negara Indonesia. Tanpa terkecuali. Termasuk Anak Berkebutuhan Khusus, baik yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa atau Sekolah Khusus maupun sekolah penyelenggara inklusi.

Akademik memang tidak menjadi porsi atau prosentase yang lebih besar daripada keterampilan vokasional. Seperti yang terdapat dalam struktur kurikulum Pendidikan Khusus. 

Kemudian akan muncul pertanyaan mengapa Anak Berkebutuhan Khusus ini tetap harus mengikuti evaluasi (penilaian) atau tes atau ujian?

Pertama

Setiap penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, setiap guru menyusun indikator ataupun tujuan pembelajaran si anak. Nah untuk mengukur keberhasilan pencapaian indikator ataupun tujuan pembelajaran, maka disusun seperangkat tes yang disesuaikan dengan indikator ataupun tujuan tersebut.

Kedua

Dalam struktur kurikulum Pendidikan Khusus  terdapat mata pelajaran-mata pelajaran utama. Mata Pelajaran tersebut sama dengan mata pelajaran bagi anak umum. Akan tetapi memang materi disesuaikan dengan Anak Berkebutuhan Khusus.

Memang yang diutamakan dalam pembelajaran bagi anak istinewa ini adalah keterampilan vokasional. Tetapi untuk mengukur keberhasilan atau ketercapaian dari mata pelajaran, maka tetap direncanakan dan dilaksanakan evaluasi dalam ulangan ataupun ujian.

Ketiga

Pendidikan adalah seperangkat kegiatan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi bahkan hingga ke pelaksanaan tindak lanjut.

Dan untuk memenuhi unsur dari seperangkat kegiatan tersebut, maka Anak Berkebutuhan Khusus harus mengikuti proses evaluasi melalui tes baik ulangan maupun ujian yang ditentukan oleh sekolah, Dinas Pendidikan setempat maupun Kementerian Pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan