Mohon tunggu...
Zahrotul Mutoharoh
Zahrotul Mutoharoh Mohon Tunggu... Guru - Semua orang adalah guruku

Guru pertamaku adalah ibu dan bapakku

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Lakukan Ini Agar Dokumen Aman

8 Oktober 2021   03:00 Diperbarui: 8 Oktober 2021   03:01 129 4 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
http://www.bapenda.waykanankab.go.id/pages/dokumen

Setiap orang pastilah memiliki dokumen penting dalam hidupnya. Akta kelahiran, ijazah-ijazah, kartu keluarga, KTP, kartu NPWP bahkan hingga SK-SK pengangkatan sebagai pegawai, baik Pegawai Negeri Sipil ataupun Non Pegawai Negeri Sipil. Lalu bagaimana cara mengelola dokumen yang baik?

Laminasi atau Press Dokumen Asli

Dokumen asli sebaiknya dilaminasi atau dipress. Laminasi atau press bisa dilakukan sendiri jika memiliki alatnya sendiri. Atau bisa dilakukan di tempat fotokopian. Tentu kita harus membayarnya.

Tujuannya agar bisa membedakan dokumen asli dan dokumen fotokopi. Tujuan lain adalah agar dokumen asli aman dari terperciknya air di kertas dokumen asli. Sehingga dokumen asli tidak rusak. 

Pisahkan Dokumen Asli 

Tempatkan dokumen asli pada satu tempat dokumen. Urutkan dari tahun didapatkan atau dikeluarkan dokumen tersebut. Pastikan membuat daftar agar lebih mudah memantaunya.

Memisahkan dokumen asli ini dengan tujuan agar dokumen lebih rapi tertata. Selain itu lebih mudah mencari dokumen yang diinginkan jika membutuhkan dokumen aslinya.

Jika kita mengambil dokumen asli untuk difotokopi atau digandakan, pastikan kita langsung mengembalikannya ke tempat dokumen asli. Dan pastikan sesuai urutan ketika mengembalikannya.

Miliki Dokumen Fotokopi

Mengapa harus memiliki dokumen fotokopi? Agar sewaktu-waktu membutuhkan kita bisa mengambil dokumen fotokopi. Selain agar dokumen asli tidak diambil terus menerus karena kan digandakan, juga agar meminimalkan dokumen asli tidak hilang karena sering difotokopi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan