Mohon tunggu...
Zahara Sitio
Zahara Sitio Mohon Tunggu... Penikmat Kopi

"Chance Never Comes Twice"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pemuda Batak Bersatu, Mempererat Orang Batak Tanpa Sekat Agama

5 Juni 2020   10:51 Diperbarui: 5 Juni 2020   17:34 430 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemuda Batak Bersatu, Mempererat Orang Batak Tanpa Sekat Agama
Pengurus DPC Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat. Foto (PBB Jakarta Barat)

JAKARTA - Pemuda Batak Bersatu atau disingkat PBB adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang terbentuk pada tahun 2017.   

Sejarah berdirinya berawal dari sebuah komunitas kecil orang Batak di seputaran Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat bernama Satahi Sapartinaonan yang artinya satu rasa. 

Berbagai kegiatan sosial yang berhubungan dengan orang Batak pun sering mereka lakukan yang sebagian besar berasal dari pekerja lepas dan harian.

Nama Satahi Sapartinaonan semakin berkembang. Seiring berjalannya waktu, nama Satahi Sapartinaonan mereka ubah menjadi Paguyuban Pemuda Batak Bersatu yang bakal mereka kembangkan sampai ke lingkup Jabodetabek.

Kegiatan pertama usai berganti nama langsung viral pada tahun 2019 yaitu Paguyuban Pemuda Batak Bersatu menolak dengan tegas wacana Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) yang mau menjadikan Danau Toba menjadi Wisata Syariah. Sejumlah pengurus dan anggota langsung turun gunung ke Medan dan menemui Gubsu untuk menyampaikan ke Eddy Rahmayadi selaku Gubsu penolakan wacana tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Gubsu menjelaskan bahwa dirinya serta Pemprovsu tidak pernah mengeluarkan wacana tersebut. Itu hanya akal-akalan media saja. Sekali lagi, Paguyuban Pemuda Batak Bersatu serta anak-anak rantau asal Sumut dengan tegas menolak wacana Danau Toba menjadi Wisata Syariah.

Kembali ke tanah rantau Bekasi, mereka semakin percaya diri dalam mengembangkan dan melebarkan sayap Paguyuban Pemuda Batak Bersatu. Kepercayaan diri mereka semakin kuat dan berkobar. Ternyata jika semua orang Batak dapat berkumpul dan bersatu dalam satu wadah akan mempunyai kekuatan yang patut diperhitungkan.

Dengan modal semangat dan kepercayaan diri tadi, pengurus Paguyuban Pemuda Batak Bersatu berniat melebarkan sayap ke lingkup nasional dengan terlebih dahulu merubah nama Paguyuban Pemuda Batak Bersatu menjadi Pemuda Batak Bersatu. Pada Oktober 2019, sah mempunyai legalitas dan sah berubah nama menjadi Pemuda Batak Bersatu.

Pemuda Batak Bersatu mempunyai visi, pertama mempererat tali persaudaraan orang Batak yang memang selama ini dikenal bersatu dan terorganisir. Bukti orang Batak selalu dikenal bersatu dan terorganisir terlihat dari banyaknya perkumpulan orang Batak di mana pun mereka berada seperti punguan parsahutaon, punguan marga atau mungkin punguan yang sifatnya dari satu keturunan atau satu oppung.

Visi kedua adalah menciptakan Pemuda Batak Bersatu menjadi kader-kader pemimpin bangsa yang dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara kita tercinta ini dengan menciptakan bangsa yang benar-benar toleran, rukun dan mempunyai semangat kegotongroyongan. Ketiga, Pemuda Batak Bersatu dapat menjadi sosial kontrol bagi negara untuk menciptakan good government bagi pejabat negara dimana pun mereka berada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN