Mohon tunggu...
Zafira Maulida Rahma
Zafira Maulida Rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tholabul Ilmi

Behaviour, Beautiful, Brain

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kerja Tidak Nyaman? Coba Lihat Posisi Kerjamu

22 November 2021   22:53 Diperbarui: 22 November 2021   22:58 62 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber Pribadi : Tempat Duduk Antrian (Pekerja)

Saat kita masih diberi kesempatan bangun di pagi hari, itu berarti Tuhan masih memberi kesempatan kepada kita untuk melakukan pekerjaan yang harus kita lakukan.

Diwaktu pagi semua orang pergi untuk beraktivitas. Ada yang berangkat sekolah, berangkat kerja dan lain sebagainya. Dalam menjalani segala rutinitas kegiatan pada setiap manusia, mereka pasti dihadapkan dengan kondisi yang mempengaruhi bagaimana mereka dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan suatu yang baik pula. Kenyamanan dalam melakukan pekerjaan menjadi sebuah hal yang menjadi faktor penting untuk mendukung produktivitas kerja seseorang. Salah satunya seperti posisi duduk seseorang dalam bekerja.

Sesuai dengan pengalaman pribadi ketika duduk dibangku sekolah, saya sering duduk di bagian belakang dikarenakan pengaturan duduk kelas yang acak. Hal ini membuat saya kurang nyaman dalam belajar di kelas, sehingga kurang menerima ilmu yang disampaikan oleh guru. 

Semenjak ketidaknyamanan tersebut, saya berusaha agar selalu duduk dibagian paling depan. Tingkat kefokusan dalam menerima ilmu lebih efektif daripada ketika duduk di bagian belakang. Jadi posisi duduk seseorang dalam beraktivitas bukanlah hal sepele untuk diperhatikan.

Begitupun ketika bekerja sebagai orang kantoran. Setiap individu akan dihadapkan dengan layar computer tiap harinya. Yang mana apabila orang terlalu lama menatap layar computer tanpa posisi yang benar, maka hal ini akan mengakibatkan kelelahan pada fisik dan akan mengganggu proses kerjanya. Oleh karena itu penting sekali untuk mempelajari bagaimana penataan ruang yang baik dan benar atau yang bisa disebut dengan “Ergonomi”

Ergonomi

Ergonomi yaitu ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan pekerjaan mereka. Segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan dalam penyesuaian posisi tubuh untuk menurunkan tingkat stress yang dihadapi. Ketika seseorang akan memulai pekerjaannya, mereka akan menyiapkan posisi yang nyaman. 

Entah itu duduk dengan posisi santai, pengaturan suhu, pengaturan cahaya, menyiapkan makanan untuk cemilan sambi. Hal ini dilakukan agar mereka dapat bekerja dengan maksimal dan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia. Penerapan ergonomi dapat diterapkan melalui posisi kerja, proses kerja, tata letak tempat kerja.

Bekerja dengan posisi duduk atau dengan berdiri sangat mempengaruhi dalam melakukan pekerjaan. Seseorang yang bekerja dengan posisi duduk secara terus menerus ataupun berdiri secara terus menerus akan mengakibatkan kelelahan dan ketidaknyamanan.

Manfaat Ergonomi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan