Mohon tunggu...
Muchamad YusufArifudin
Muchamad YusufArifudin Mohon Tunggu... mahasiswa uksw fakutas pertanian prodi agribisinis angkatan 2019 anak ke satu dari dua bersaudara

hidup santai dengan gayo

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Wajib Anda Ketahui Manfaat Jagung bagi Kehidupan dan Kesehatan Kita

23 September 2019   18:22 Diperbarui: 23 September 2019   18:30 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tahu kah kamu jagung termasuk dalam jenis rumput loh, nah jagung juga tanaman yang sangat bagus untuk agribisnis pertanian.selain peminatnya banyak, jagung juga memiliki harga yang cukup stabil.

Tanaman jagung merupakan salah satu tanaman pangan pengahasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan juga padi. Jagung sering juga dijadikan sebagai pengganti makanan pokok karena jagung juga sebagai sumber karbohidrat.

Dan tidak hanya itu, jagung juga menjadi komponen yang penting untuk pakan ternak, selain sebagai sumber makanan pokok, jagung juga diambil minyaknya dan bisa pula diolah menjadi tepung.

Berbagai jenis produk turunan hasil pengolahan jagung juga menjadi bahan baku dalam sejumlah produk industri pangan.seperti diolah menjadi makanan ringan dan juga campuran kopi.

Berikut ini penjelasan dan manfaat lebih dalam mengenai bagian bagian dari tanaman jagung bagi kehidupan dan manfaat jagunng bagi kesehatan :

A.Manfaat bagian bagian tanaman jagung bagi kehidupan

Batang dan Daun

Batang jagung dan Daunnya bisa digunakan untuk bahan bakar pengganti kayu bakar.Batang dan daun jagung juga bermanfaat sebagai pakan ternak oleh para peternak dengan cara dicacah, cacahan batangdan daun jagung tersebut dapat membuatk kotoran sapi tidak berbau.Hal tersebut  membuat peternak sapi dan petani saling di untungkan karena peternak sapi mendapat makanan untuk konsumsi hewan ternaknya, sementara petani mendapatkan pupuk untuk padi dari kotoran sapi .Kulit jagung

 Kulit jagung biasanya dijadikan sebagai bahan untuk membuat kerajinan, pembuatan kerajinan dimulai dari pengupasan jagung selanjutnya memberi warna pada kulit jagung dengan cara direbus bersama dengan pewarna tekstil, setelah itu dinginkan kulit jagung sehingga kulit jagung bisa dibentuk sebagai kerajinan.Biasanya dibuat menjadi karangan bunga, mahkota, tas yang bisa menjadi sumber mata pencaharian sampingan bagi para petani jagung.

Biji jagung

Sudah banyak diketahui biji jagung menjadi bahan pangan setelah beras di Indonesia karena biji jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi,biji jagung juga banyak dibuat untuk makanan ringan seperti keripik jagung, marning, jagung serut,berondong  dan masih banyak lainnya dan olahan jagung lainnya.biji jagung mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan,biji jagung juga biasa dibuat untuk konsentrat bagi pakan ternak dengan cara biji jagung di giling dan dicampur dengan bekatul yang bermanfaat membuat gternak menjadi lebih berisi dan bagus dagingnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x