Mohon tunggu...
Yustisia Kristiana
Yustisia Kristiana Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Mendokumentasikan catatan perjalanan dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Metaverse Pilihan

WonderVerse Indonesia, Pesona Indonesia dalam Dunia Metaverse

19 Agustus 2022   15:00 Diperbarui: 19 Agustus 2022   14:59 172 38 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menparekraf menyaksikan WonderVerse Indonesia (foto: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Kelahiran metaverse mendorong berbagai sektor memasuki era masa depan baru. Metaverse digambarkan sebagai ruang terbuka virtual yang bersifat kolektif yang mampu memberikan peningkatan pengalaman saat menggunakannya. Metaverse merupakan gabungan dari kata ‘meta’ dan ‘universe’ yang adalah jejaring dunia-dunia tiga dimensi yang menyangkut interaksi sosial. Metaverse difasilitasi dengan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Dalam dunia pariwisata dikenal istilah metaverse tourism, yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman kehidupan dunia nyata di dalam ruang virtual dengan pemanfaatan teknologi. 

Dunia virtual dalam pariwisata membuka peluang untuk berinovasi dalam melakukan perjalanan wisata. Dunia digital yang dijanjikan metaverse adalah solusi untuk mengubah industri pariwisata sehingga mampu bangkit setelah dilanda pandemi.

Momentum kelahiran metaverse direspons oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan mengembangkan WonderVerse Indonesia, sebuah teknologi metaverse untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia secara interaktif dan digital.

Mengutip pernyataan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat penandatanganan MoU pengembangan WonderVerse Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022 lalu, bahwa tujuan dari pengembangan WonderVerse Indonesia adalah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke tingkat nasional dan mancanegara serta mendorong industri ekonomi kreatif, khususnya pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar dapat mempromosikan produknya secara digital di WonderVerse Indonesia.

WonderVerse Indonesia terbagi menjadi empat bagian atau disebut dengan ‘land’, yang mewakili negara kepulauan Indonesia. Pada masing-masing bagian terdapat berbagai hal yang dapat dinikmati oleh pengguna.

The Lobby

Di The Lobby pengguna dapat melakukan interaksi dengan hewan endemik, terdapat galeri karya seniman Indonesia secara digital, serta terdapat juga layar lebar untuk menikmati beragam keseruan.

WonderFun Land

WonderFun Land menyediakan hiburan khas Indonesia, mulai dari permainan tradisional, pertunjukan kesenian seperti wayang dan tarian, konser musik hingga film.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Metaverse Selengkapnya
Lihat Metaverse Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan