Yusrin  TOSEPU
Yusrin TOSEPU Dosen

Periset di LSP3I Region V Sulawesi Pusat Makassar. Ketua Lembaga Kajian Forensik Data dan Informasi KAVITA MEDIA Makassar Penggiat Literasi Media ICT (Information and Communication Technology)

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

[IoT] Sensasi Baru Integrasi Teknologi

12 Juli 2018   01:11 Diperbarui: 12 Juli 2018   02:01 431 1 1

IoT adalah sebuah konsep teknologi masa depan yang kehadirannya akan akan menggeser penggunaan teknologi internet. Teknologi Internet of Things atau IoT adalah sebuah teknologi yang dapat menghubungkan seluruh benda tersemat ke internet.

Teknologi IoT adalah konsep dimana semua alat terhubung satu sama lain dengan konektivitas internet yang terus menerus. contohnya: berbagi data, kontrol jarak jauh, atau berbagai akses lainnya yang nantinya setiap benda akan memberikan informasi.

Contoh paling gampang dan yang paling sering kita jumpai di antaranya adalah smartwatch yang saling terhubung dengan smartphone, atau benda lainnya yang saling terhubung seperti smartTV, smartcar ,atau alat-alat lainnya yang terhubung ke internet dan saling memberikan informasi kepada pengguna.

Jadi bukan hanya PC, handphone, atau tablet. Mobil bahkan sampai peralatan rumah tangga pun semuanya bisa berkoneksi melalui jaringan Teknologi IOT.

Nantinya akan ada sangat banyak alamat IP, begitu banyak perangkat, berbagai jenis sensor di seluruh perangkat elektronik yang digunakan dan akan terus-menerus berinteraksi dengan internet tanpa disadarai.

Internet of Things pada dasarnya adalah ide bahwa seluruh produk bisa terhubung ke internet dan saling berkomunikasi setiap hari. Salah satu contohnya adalah kulkas, televisi, atau kendaraan yang bisa terhubung ke jaringan internet.

IOT tak hanya menjadi konsep internet masa depan. Tapi juga bagaimana IOT itu membantu memudahkan kehidupan manusia. Dengan perkembangan teknologi mikrokontroler dan juga koneksi internet yang semakin mudah dijangkau. IoT akan menjadi tren dan budaya baru yang sekali lagi akan mengubah kehidupan manusia.

Ada tiga komponen penting yang ada dalam perangkat IoT, yaitu: Sensor, konektivitas dan kontrol.

Sensor diperlukan untuk dapat menangkap suatu gejala alam, misalnya suhu, tekanan, getaran, suara, cahaya dan lain-lain. Konektivitas diperlukan agar perangkat tersebut dapat berkomunikasi dengan perangkat lain.

Sensor Kontrol menjadi bagian utama dalam perangkat IoT, agar ia dapat membaca nilai sensor, mengirim dan menerima data dari dan ke media penyimpanan, dan juga melakukan serangkaian respon berdasarkan data yang didapat.

Akan sangat mudah mengatakan bahwa smartphone yang bertebaran saat ini merupakan perangkat IoT. Smartphone sudah memiliki kemampuan untuk terkoneksi dengan internet, dan rata-rata sudah dilengkapi dengan beberapa sensor seperti layar sentuh, sensor cahaya, akselerometer, gyroskop, dan kompas.

Akan tetapi satu hal yang terpenting dalam IoT, bahwa sensor-sensor ini harus dapat berkomunikasi dengan perangkat lain secara mandiri, dan ini yang tidak kita temukan pada smartphone terkecuali kita memasang aplikasi yang membuatnya melakukan hal tersebut.

Suatu benda dapat dikatakan perangkat IoT bila ia dapat berkomunikasi dengan perangkat lain melalui koneksi internet tanpa harus selalu kita kendalikan. Lalu, bagaimana mungkin dua buah benda saling berkomunikasi satu sama lain?

Suatu benda dapat melakukan suatu hal apabila kita memberinya kemampuan untuk menangkap dan mengirimkan informasi, sama seperti manusia yang memiliki indera untuk menangkap informasi, serta kemampuan untuk menyampaikan pengalaman tersebut kepada pihak lain.

Contoh penerapan Internet of things adalah sebuah rumah cerdas dengan alat dan perabotan yang saling terhubung internet dan mengirimkan data kepada smartphone pemilik rumah.

Pemilik rumah akan tetap dapat memantau keadaan rumah dari jauh,mungkin di saat dia lupa mematikan listrik atau dia lupa sisa makanan apa saja yang ada di kulkas, memantau suhu ruangan, waktu untuk memberi makan ikan, print tugas di rumah, atau memberi tahu bahwa ada tamu.

Saat konsep teknologi ini benar-benar diterapkan disegala bidang ,  IOT akan memiliki dampak yang sangat signifikan bagi kehidupan manusia. Dampak positif yang bisa kita peroleh dengan adanya IOT ialah; dapat memaksimalkan dan meningkatkan produktifitas dan kinerja pada pekerjaan dan aktifitas manusia dan memunculkan inovasi-inovasi dan penemuan-penemuan baru oleh para ahli di bidang IT

Dampak negatifnya adalah bahwa kejahatan atau cyber crime semakin meningkat. Karena koneksi internet yang sering terhubung akan memudahkan hacker masuk dan terhububung untuk mencuri data-data user.