Mohon tunggu...
Yushardani Rohmah
Yushardani Rohmah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

berusaha menjadi lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Besok Hari Apa?

21 Oktober 2021   20:47 Diperbarui: 21 Oktober 2021   21:34 106 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo halo haii. Apa kabar kalian semua? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan bahagia yaaa.

Udah pada tau belum besok itu hari apa? Kalau belum pada tahu, aku kasih tahu yaa kalau besok tanggal 22 Oktober 2021itu merupakan Hari Santri Nasional loohh.

Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Hari Santri Nasional ini sejak tahun 2015 melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang di tanda tangani di masjid Istiqlal Jakarta pada tanggal 15 Oktober 2015.

Dengan diperingatinya Hari Santri Nasional setiap tahunnya, dimaksudkan agar kita sebagai anak muda para penerus bangsa dan masyarakat untuk dapat meneladani dan mengingat semangat jihad serta perjuangan rakyat dan para santri pada masa penjajahan untuk menaklukkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dipimpin oleh para ulama, serta  pengakuan bangsa Indonesia atas perjuangan mereka dalam  menaklukkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 22 Oktober 1945, KH. Hasyim Asyari menyerukan resolusi jihad kepada umat Islam di Indonesia sebagai upaya untuk mengobarkan semangat para pejuang untuk mempertahankan NKRI dari Belanda yang kembali datang ke Indonesia dengan membonceng NICA pascakemerdekaan.

Para santri dan seluruh rakyat Indonesia merasa khawatir kalau kedatangan Belanda dan sekutu (Inggris) kembali ke Indonesia ini akan membahayakan kemerdekaan, agama, dan negara. Oleh karena itu, para santri meminta kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk menentukan  sikap dan tindakan nyata terhadap upaya-upaya yang membahayakan kemerdekaan, agama dan negara Indonesia, khususnya pada pihak Belanda.

Resolusi jihad ini dilaksanakan untuk menggerakkan para santri dan masyarakat untuk bersama-sama melawan kekuatan kolonial yang menduduki Surabaya pada 10 November 1945.

Setelah seruan untuk resolusi jihad, para santri dan orang-orang berkumpul untuk melakukan perlawanan  sengit dalam pertempuran melawan penjajah.

Ulama telah menyatakan bahwa mempertahankan kemerdekaan negara adalah kewajiban setiap orang, sehingga resolusi jihad diberlakukan untuk membangkitkan semangat kemerdekaan.

Hari Santri merupakan kisah sejarah yang memiliki makna karena perjuangan bangsa Indonesia dibangun di atas keikhlasan dan ketulusan para santri.

Pada tau gak kalau ternyata banyak loh tokoh nasional kita yang dulunya itu seorang santri. Seperti contohnya,  KH. Hasyim  Asyari yang merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan memiliki gelar Rais Akbar. Beliau dikenal sebagai tokoh ulama pemikir dan pejuang, dan juga merupakan pahlawan nasional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan