Mohon tunggu...
Yupiter Sulifan
Yupiter Sulifan Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik di sekolah lanjutan atas negeri di Sidoarjo

Seorang pendidik yang minat di dunia pendidikan, fotografi, lingkungan, kesehatan, sejarah, agrobis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kunci Sukses, Belajar Sedikit tapi Sering

19 Mei 2022   07:59 Diperbarui: 19 Mei 2022   10:19 150 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mas Alex salah seorang alumni SMAN 1 Taman ketika berbagi pengalaman di depan siswa X Mipa 6 (foto yupiter sulifan)

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Hal inilah yang mendasari tim guru BK SMAN 1 Taman mengadakan layanan bimbingan klasikal dengan mengundang alumni. Untuk minggu ini, tim guru BK mengundang salah seorang alumni lulusan 2006, Alex yang juga seorang owner Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) ABG Excelllent Sidoarjo. 

"Banyak cara untuk menuju sukses. Selain pilihan jurusan dan PTN juga cara belajar kita akan mempengaruhi prestasi dan kesuksesan ke depannya," ujar Alex dengan gaya khas anak muda, casual.

Cara belajar yang efisien dan tepat guna dengan mengelola waktu sebaik-baiknya, lanjut Alex, harus dimulai dari awal yakni ketika sekolah. "Setidaknya ada beberapa tips untuk sukses dalam membagi waktu belajar, diantaranya belajar dalam durasi waktu yang pendek/sebentar tapi rutin atau ajeg dilakukan," kata Alex yang memiliki dua kantor LBB.

Sebelum tidur membaca materi walau hanya beberapa menit ini akan lebih baik bila dilakukan secara rutin. "Setelah shalat Subuh, kita bisa membaca materi lagi ya barang sepuluh menitlah lalu dilanjut dengan menyiapkan perlengkapan sekolah," urai Alex alumni Fisika Unair.

Kunci sukses lainnya yakni dengan belajar bersama teman lainnya yang seirama. "Artinya, kita bikin kelompok kecil, 2 atau 3 orang untuk membahas soal atau sharing ilmu. Belajar kelompok ini sangat efektif yang berguna untuk memecahkan soal yang rumit," kata Alex.

Dengan gaya santai tapi serius, mas Alex mampu membawa suasana kelas menjadi hidup (foto yupiter sulifan)
Dengan gaya santai tapi serius, mas Alex mampu membawa suasana kelas menjadi hidup (foto yupiter sulifan)

Kunci sukses lainnya, menurut Alex, membuat perencanaan ini akan mempermudah kita menentukan tugas apa yang harus lebih dulu dikerjakan. "Dengan adanya perencanaan, kita tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus dilakukan. 

Kita bisa membuat semacam daftar yang berisi list tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting hingga tugas yang dirasa memiliki waktu tenggang lebih banyak," papar Alex.

Dan yang terakhir, kunci sukses versi Alex adalah berdoa. Tanpa berdoa, kita tidak akan bisa meraih sukses. "Sukses yang kita raih itu pada hakikatnya ada campurtangan Tuhan. Kita berusaha dan Tuhan yang menentukan," kata Alex mengakhiri sesi sharing pengalaman belajarnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan