Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Anda Putus Asa? Kenali 4 Sumber dan Cara Menyelesaikannya

26 November 2021   06:37 Diperbarui: 26 November 2021   18:28 257 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi seseorang merasa putus asa. Sumber: pxhere.com

Tidak ada satu orang pun yang bebas dari rasa putus asa. Semua orang mengalaminya sebab putus asa merupakan salah satu hakikat hidup manusia, seperti marah, senang dan bahagia. Pada umumnya orang bisa bebas dari keputusasaan, tetapi tidak sedikit yang benar-benar putus asa hingga mengalami penderitaan dan bahkan bisa bunuh diri.

Dipastikan, setiap orang memiliki cara dan kiat-kita agar saat tasa putus asa datang bisa mengelolanya dengan bijaksana, sehingga hidup bisa terus berjalan dengan baik-baik saja.

Mengatasi serangan keputusasaan tanpa mengenal dengan tepat sumber penyebabnya, sama saja membuang waktu dan energi bahkan situasi bisa memburuk lebih berat lagi. Oleh karena itu, saat putus asa datang, ambil waktu sangat tenang untuk mengenali sumbernya, dan dari penyebab itu lah sesungguhnya ada cara mengatasinya.

Paling tidak ada 4 sumber rasa putus asa dalam hidup setiap orang, yang secara hakiki menjadi bagian dari eksistensi manusia sebagai makhluk hidup yang beraktivitas sepanjang waktu dari hari demi hari.

Putus asa | sumber : pexels.com
Putus asa | sumber : pexels.com

Satu, Anda  merasa lelah.

Merasa lelah merupakan hal yang dialami oleh setiap orang di mana saja sebagai akibat dari aktivitas yang berlangsung terus menerus tanpa istirahat sehingga tubuh tidak lagi mempunyai kapasitas yang memadai.

Betul sekali, ini urusan tenaga yang ada dan tersimpan dalam tubuh Anda. Anda kehabisan tenaga dan tidak bisa lagi mampu mengerjakan apa pun, walau itu sekecil apa pun sebab tenaga sudah terkuras dan habis-habisan.

Lelah | sumber : arahkata.pikiran-rakyat.com
Lelah | sumber : arahkata.pikiran-rakyat.com

Jadilah bijaksana, bahwa  manusia bisa habis tenaganya. Pun Anda tak dapat membakar lilin di kedua ujungnya terus menerus. Inilah menjadi sumber putus asa setiap orang ketika ia akan terus melakukan sesuatu untuk segera menyelesaikannya dan tenaganya habis, maka dia putus asa.

Penyelesaian begitu sederhana karena sumber sebabnya jelas. Jadi, ketika Anda putus asa, Anda tak perlu mengubah apa pun yang penting dalam hidup Anda sebab mungkin jawabannya adalah Anda hanya perlu istirahat! 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan