Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pemimpin Perempuan Lebih Unggul dari Laki-laki pada 4 Faktor Ini!

11 Agustus 2021   11:11 Diperbarui: 14 Agustus 2021   23:26 304 33 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemimpin Perempuan Lebih Unggul dari Laki-laki pada 4 Faktor Ini!
Sri Mulyani Indrawati salah satu Menkeu terbaik | Sumber : mediaindonesia.com

Women are better able to deliver in terms of what modern society requires of people - James Gabarino, 

Isu kepemimpinan gender semakin meningkat dari waktu ke waktu. Artinya, perempuan sebagai pemimpin menunjukan tendensi yang meningkat dari dekade ke dekade, tidak saja dalam organisasi politik dan publik, tetapi terutama dalam memimpin perusahaan yang sarat dengan kompetisi yang ketat dan keras. Disana para wanita juga berada di puncak organisasi sebagai CEO, Dewan Direksi dan Komisaris, kendati dominasi laki-laki masih belum bisa dihindari.

Pengamatan James Gabarino,  bahwa wanita lebih mampu memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat modern  dalam hal  memperhatikan, mematuhi aturan, kompeten secara verbal, dan urusan hubungan interpersonal. 

Pengamatannya didukung oleh fakta bahwa pemimpin wanita biasanya dinilai lebih tinggi oleh bawahan dalam keterampilan interpersonal serta faktor-faktor seperti perilaku tugas, komunikasi, kemampuan untuk memotivasi orang lain, dan pencapaian tujuan.

Women are ''better able to deliver in terms of what modern society requires of people---paying attention, abiding by rules, being verbally competent,and dealing with interpersonal relationships in offices'' - James Gabarino, author and Professor Human Development at Cornell University

4 Kualitas Pemimpin Wanita

Harus disimpulkan bahwa wanita sebagai seorang pemimpin tidak boleh diabaikan begitu saja, sebab mereka mempunyai kehebatan dan unggul dalam sejumlah aspek dibandingkan pemimpin laki-laki. Terutama kalau dilihat dari apa yang dialami dan dirasakan langsung oleh para karyawan yang menjadi pengikut dari si pemimpin wanita ini.

Hasil survei yang dilakukan (Daft, 2018) memperlihatkan bahwa pemimpin perempuan mempunyai keunggulan ketimbang laki-laki untuk 4 aspek Leadership Qualities berikut ini :

  1. Idealized influence, 
  2. Inspirational motivation, 
  3. Individually considerate
  4. Intellectual stimulation.

Pertama, Idealized Influnce - Pengaruh Ideal

Para karyawan menilai bahwa pemimpin perempuan dinilai memiliki pengaruh yang lebih ideal dibandingkan pemimpin laki-laki. Pengaruh yang diidealkan berarti bahwa pengikut mengidentifikasi dan ingin meniru pemimpin mereka; pemimpin dipercaya dan dihormati, mempertahankan standar tinggi, dan dianggap memiliki kekuatan karena siapa dia daripada posisi apa yang dia pegang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan