Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Mau Sukses, Karyawan Harus Tahu Rahasia Seorang Pemimpin

22 Juli 2021   23:57 Diperbarui: 24 Juli 2021   10:34 950 37 58 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Sukses, Karyawan Harus Tahu Rahasia Seorang Pemimpin
Ilustrasi tim kerja karyawan di sebuah perusahaan.| Sumber: UNSPLASH/LEO via Kompas.com

Setiap karyawan menginginkan kinerja tertinggi dalam bekerja, tetapi umumnya hanya sedikit yang bisa berada di puncak sementara yang lain hanya berada di garis rata-rata, atau bahkan dibawah rata-rata.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seorang karyawan mencapai high performance, seperti aspek KSA/KSAOs yang berasal dari dalam diri seorang karyawan. KSA itu singkatan dari Knowledge, Skill, Attitude, dan Others Charakteristis yang dibutuhkan pada sebuah Job atau pekerjaan dan disyaratkan oleh perusahaan. Kondisi ini sudah diformat secara jelas oleh si pemberi kerja sejak si karyawan bekerja.

Faktor kunci lain yang sangat penting, tetapi banyak tidak diketahui oleh karyawan adalah apa yang diinginkan oleh seorang pimpinannya kepada dirinya sebagai pegawai? Sebab, ini bukan sekadar isu tentang SOP atau standar operating procedur, tetapi yang menjadi fokus perhatian seorang pemimpin bagi karyawannya.

Ada 4 hal yang menjadi kunci rahasia yang dimiliki oleh seorang Leader, yang diinginkan agar si karyawan melakukannya (Daft, 2018:200):

  1. A Make-It-Happen Attitude.
  2. A Willingness to Collaborate
  3. The Motivation to Stay Up-to-Date. 
  4. The Passion to Drive Your Own Growth.

Keempat hal ini menjadi rangkuman bahkan yang mengikat seluruh gerakan seorang pemimpin dalam mengelola dan mengendalikan seluruh karyawan yang ada. Pun hal ini berlaku dihampir semua organisasi, tidak saja dalam konteks korporasi, tetapi juga pada organisasi publik lainnya.

Rahaasia-1: A Make-It-Happen Attitude

“Sikap membuat itu terjadi” merupakan tuntutan utama dan pertama seorang pimpinan kepada karyawannya. Intinya, pemimpin tidak menginginkan alasan, no excuse. Pemimpin mengingkan hasil akhir sesuai.

Ilustrasi Karyawan | Sumber : www.betterteam.com
Ilustrasi Karyawan | Sumber : www.betterteam.com

Banyak karyawan yang terlalu banyak membuat alasan dalam melakukan sesuatu yang diminta oleh sang bos. Bahkan ketika mereka gagal melakukannya, dipastikan ada 1001 alasan akan dibawa didepan sang bos. Dan inilah yang tidak diinginkan oleh si pemimpin.

Tugas seorang pemimpin menjadi lebih lancar saat dia memiliki pengikut atau laryawan dan pegawai yang bersikap positif dan memiliki motivasi diri sendiri, siapa yang bisa menyelesaikan pekerjaan, siapa yang bertanggung jawab, dan siapa yang berprestasi dalam tugas yang dibutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN