Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Memaknai Keunikan Indonesia Hari Ini

13 Mei 2021   09:23 Diperbarui: 13 Mei 2021   11:49 608 9 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memaknai Keunikan Indonesia Hari Ini
Copas dari GWA | Dok Pribadi

Apa yang Anda rasakan hari ini? Bagi saya, sungguh istimewa, unik dan luar biasa dibandingkan dengan hari-hari biasa. Sukacita meluap-luap dan kedamaian dihati menyeruak begitu kuatnya, ketika menyadari bahwa Indonesia hari ini libur nasional untuk merayakan Idul Fitrie dan kenaikan Isa Almasih yang bersatu pada Kamis 13 Mei 2021.

Pagi ini saya dibangunkan dengan membanjirnya sapaan doa yang menyejukan dari semua kolega, teman, sahabat, dan keluarga dari beragam penjuru angin. Saking banyaknya pesan melalui WA, menjadi bingung sendiri antara salam Idul Fitrie dan Kenaikan Isa Almasih. 

Menarik dan sungguh sangat inspiratif karena semua pesan dan ucapakan berisi doa, berkat, semangat, kerinduan, harapan dan kebersamaan dalam relasional yang unik. Tidak ada pesan yang negatif, pesimis, apalagi memaki dan mencaki maki. 

Ini hari unik bagi Indonesia, peristiwa yang langka, dan mungkin hanya terjadi dalam rentang ratusan tahun sebelumnya dan di kemudian hari. Anda bisa menghitung sendiri. Berdasarkan catatan yang beredar di beragam media sosial, kejadian ini pernah terjadi pada tahun 1791, 1889 dan 1987 Masehi.  Dan setelah tahun ini 2021 akan terjadi lagi pada tahun 2248. Woww....unik benar.

Copas dari GWA | Dok Pribadi
Copas dari GWA | Dok Pribadi
Memang benar, hari ini sungguh istimewa ketika dua "agama" penting di republik ini, Islam dan Kristen merayakan ritual keagaaman penting pada hari yang bersamaan. Nyaris hampir seluruh warga bumi nusantara ini, hati, pikiran dan seluruh jiwa raga terarah pada kiblat yang sama yaitu "keatas" pada Allah Bapak pemilik kehidupan yang diyakini.

Hati yang khusuk dengan tangan yang menengadah keaatas semua memohon doa agar hidup di bumi Indonesia ini semakin baik, bersatu, damai, sejahtera dan dipenuhi saling menopang menuju tujuan surgawi yang Allah sediakan bagi semuanya.

Inilah uniknya negeri ini dengan keberagaman yang luar biasa. Walaupun dibutuhkan energi ekstra untuk memadukannya menjadi sebuah harmoni besar yang penuh warna yang indah, menarik dan super dinamins telah menyatu dalam NKRI yang bersama-sama dikelola dan dikembangkan menjadi lebih baik dan damai.

Sungguh, hari ini sangat berarti dan istimewa bagi negeri ini, karena ditengah-tengah deraan pandemi Covid-19, resesi ekonomi dan beragam persoalan bangsa menjadi melebur dalam kekhusukan ritual keagaaman yang sarat nilai-nilai dasar kehiudpan.

Ini bukan kebetulan bagi bangsa ini, tetapi bertemu perayaan Idul Fitrie dan kenaikan Isa Almasih hendak menegaskan bahwa bangsa ini, rakyat negeri ini, masyarakat majemuk ini sejak dahulu kala memang kekuatannya terletak dalam kemajemukannya, dan kita sebut dengan Bhineka Tunggal Ika. Banyak kekuatan "jahat" yang hendak menghancurkan kebhinekaan republik ini agar lemah. 

Hari ini menjadi klimaks dan penegasan bagi semua warga negeri, bahwa hanya dengan bersatu, saling menopang dan mendukung, saling pengertian dengan solidaritas tertinggilah bangsa ini akan menjadi bangsa besar yang disegani dalam banyak kekuatan. Tidak saja karena jumlah pendudukannya yang besar, tetapi karena penduduk yang besar itu benar-benar mau besar dan kuat.

Selamat Idul Fitrie mohon maaf lahir dan bathin. Selamat merayakan kenaikan Isa Alamasih, Tuhan akan melindungi kita senantiasa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN