Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Mana Lebih Terhormat: Resign atau Dipecat?

11 Maret 2021   00:47 Diperbarui: 14 Maret 2021   11:24 1528 43 91 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mana Lebih Terhormat: Resign atau Dipecat?
Ilustrasi karyawan sedang berdiskusi dengan atasan.| Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Apakah lebih baik resign sebelum dipecat, dan apa yang harus dilakukan jika Anda merasa akan dipecat?

Apakah Anda khawatir dipecat dan berpikir untuk berhenti untuk menghindari situasi yang sulit? 

Karyawan sering bertanya-tanya apakah mereka harus berhenti sebelum dipecat, untuk menghindari persepsi yang merusak terkait dengan pemutusan hubungan kerja. Dalam beberapa kasus, masuk akal untuk mengundurkan diri sebelum Anda melepaskannya. 

Apa pun kasusnya, setiap karyawan harus siap untuk melanjutkan dan tidak boleh menyerah apalagi menyesalinya. Jika menghadapi situasi dipecat, sangat mungkin tidak ada pemberitahuan sebelumnya. 

Lain halnya bila Anda resign sendiri, sangat mungkin akan ditunjukkan pintu keluar yang terbaik, bahkan jika akan memberikan informasi dua minggu sebelumnya, misalnya.

Pesan kuncinya adalah Anda lebih baik bersiap akan membuat situasi yang sulit menjadi tidak terlalu menegangkan bagi Anda. Siapkan semuanya untuk keluar dari kantor dan mulailah mencari pekerjaan segera setelah merasa bahwa Anda mungkin kehilangan pekerjaan.

duttonlaw.ca
duttonlaw.ca
Apakah Anda Akan Dipecat?

Sangat penting dan berguna bila mengetahui bahwa ancaman pemecatan sedang mendekati Anda. Ada beberapa tanda peringatan yang mungkin menunjukkan bahwa Anda sedang dalam proses dipecat, termasuk:

  1. Kurang kerja. Tiba-tiba, banyak hal yang harus Anda lakukan. Tidak hanya itu, hal-hal yang sedang Anda kerjakan terasa kurang penting. Jika mendapati diri Anda memiliki banyak waktu luang, Anda mungkin akan dipecat.
  2. Konflik baru atau yang memburuk dengan bos. Apakah merasa bos Anda tidak menyukaimu lagi?
    Jika demikian, itu bukan pertanda baik untuk kelanjutan pekerjaan Anda. Anda membutuhkan hubungan kerja yang baik dengan manajer Anda untuk terus melakukan pekerjaan terbaik Anda.
  3. Anda merasa tidak sinkron dengan tim. Budaya perusahaan berubah. Jika Anda merasa kurang nyaman di tempat kerja daripada sebelumnya, mungkin inilah saatnya untuk mempertimbangkan resign dan segera pindah.

Keuntungan Resign:

Resign dari pekerjaan memiliki beberapa keuntungan yang patut dipertimbangkan. Jika Anda meninggalkan pekerjaan atas kemauan Anda sendiri, Anda akan dapat membingkai keberangkatan Anda dengan cara yang lebih positif kepada calon pemberi kerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN