Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Mengapa Kita Harus Tidur Malam Hari?

17 Desember 2019   19:57 Diperbarui: 19 Desember 2019   02:47 793 12 1 Mohon Tunggu...
Mengapa Kita Harus Tidur Malam Hari?
Sumber ilustrasi: newstricky.com

Dinamika perubahan, perkembangan, dan kemajuan yang sedang dihadapi oleh manusia saat ini telah berada dalam titik yang sangat kompleks. Sedemikian rupa sehingga setiap orang nyaris "tergulung-gulung" roda perubahan yang menyebabkan manusia "lupa diri" dan tidak bisa mengendalikan. 

Akibatnya sangat fatal, manusia bukannya sehat walafiat nan bahagia. Tetapi setumpuk persoalan kesehatan fisik dan psikis menerpa sepanjang waktu.

Tidur menjadi urusan sederhana tetapi sungguh sangat fatal akibatnya. Dipastikan sebagian besar orang tidak mampu mengelola jam tidur yang sehat dan baik. Bahkan tidak saja tidur tak teratur tetapi juga jarang dan kurang tidur secara benar.

Mereka yang terus bekerja dan bekerja, untuk membangun karier dan mengumpulkan uang dan harta, tidur tidak lagi dikenal dengan benar. Bahkan mungkin tidak pernah bertanya mengapa harus tidur? Karena waktu adalah uang, dan uang harus terus dikumpulkan.

Ketika Anda masih muda dan penuh semangat dan tenaga serta berada dalam sebuah pekerjaan yang terus menghasilkan, tidur menjadi sangat terabaikan. 

Sejauh tidak merasa sakit, apalagi terbaring di tempat tidur, dipastikan tidur menjadi tidak sangat penting bagi Anda, ketimbang terus "berburu" dan "berburu" kehidupan yang lebih baik.

Tetapi, sangat banyak orang yang tidak menyadari mengapa mereka harus  tidur. Bukan saja hanya tidur begitu saja, tetapi tidur yang benar dan memadai. 

Pertanyaan inilah yang dijawab Matthew Walker dalam bukuny berjudul Why We Sleep. Sebuah buku yang merupakan hasil pengamalan dan riset beliau sebagai Director of UC Berkeley's Center for Human Sleep Science.

Walker mengingatkan pentingnya tidur pada malam hari bagi setiap orang karena beberapa alasan kunci, yaitu:

Satu, Bahwa semua orang yang tidur semalaman, di kombinasi dengan hampir tidak pernah tidur delapan jam, menghadapi risiko besar dalam kesehatan yang prima.

Ketika mengabaikan tidur malam akan mengurangi kreativitas, kemampuan penyelesaian masalah, pengambilan keputusan, pembelajaran, memori, kesehatan jantung, kesehatan otak, kesehatan mental, kesejahteraan emosional, sistem kekebalan tubuh, dan bahkan rentang hidup Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x