Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

JK, Sang "Spesialis Wapres" yang Selalu Jadi Pembawa Damai

14 Oktober 2019   13:09 Diperbarui: 14 Oktober 2019   22:08 0 7 3 Mohon Tunggu...
JK, Sang "Spesialis Wapres" yang Selalu Jadi Pembawa Damai
Sumber gambar: Reuters | PIROSCHKA VAN DE WOUW, melalui Kontan

Wapres untuk 2 Presiden yang Berbeda


Jusuf Kalla atau lebih keren dipanggil JK merupakan sosok yang sangat komplet dalam segala aspek kehidupan yang "mungkin" nyaris sempurna dalam menjaga keseimbangan kehidupan hingga mengakhiri pengabdian bagi negeri ini sebagai orang nomor dua setelah Presiden.

JK sangat berhasil dan dikenal sebagai pengusaha, dalam dunia politik sangat kuat melintasi berbagai periode dan situasi, dan kehidupan sosial JK selalu tampil sangat prima karena kehadirannya selalu membawa keseimbangan kekuatan sosial dan politik.

Jusuf Kalla merupakan satu-satunya orang yang menjabat sebagai Wakil Presiden selama dua periode tanpa berturutan, dan dengan dua orang presiden yang berbeda. Menjadi Wakil Presiden ketika Susilo Bambang Yudoyono atau SBY terpilih menjadi Presiden RI ke 6 pada periode 2004-2009, dan ketika Jokowi terpilih menjadi presiden 2014-2019. Pada setiap periode, JK menjadi pendamping selama 5 tahun.

Tentu saja ini menjadi sebuah prestasi sejarah yang sangat luar biasa. Karena tentu saja tidak mudah menjadi Wapres untuk dua orang yang berbeda. Tidak saja karena jalur dan visi politik yang berkembang, tetapi juga karena latar belakang sosial budaya yang berbeda. Tetapi, JK mampu menjalankan peran sebagai Wapres dengan sangat baik.

Paling tidak, belum pernah muncul di publik tentang konflik JK dengan dua Presiden yang di Wakilin dalam jabatannya. Dan harus diakui, ini membutuhkan kepiawaiannya seseorang yang ada dalam diri JK.

JK Sang Juru Damai


Selain profesi sebagai wakil presiden, bagi saya, JK lebih kental dan cocok sebagai sosok pribadi pembawa damai, khususnya bagi masyarakat atau kelompok yang bertikai bahkan konflik berat sekalipun. Ketika JK datang, semuanya seakan selesai dengan mudah.

Banyak sekali konflik di negeri ini yang pendamainya di kendalikan oleh seorang JK, baik ketika dia sebagai Wapres dan terutama ketika bukan sebagai Wapres.

Saya mencatat dua peristiwa besar yang di dalamnya JK mempunyai andil yang sangat besar untuk mendamaikan.

Pertama, kasus perdamaian di Aceh. Seorang JK menjadi tokoh kunci untuk mendamaikan Aceh yang sangat getol sekian puluh tahun untuk menjadi Aceh Merdeka. Tokoh-tokoh Aceh yang ada di Eropa mampu dirangkul oleh JK sehingga bisa duduk bersama dan berdamai kembali dengan Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x