Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Dengan Strategi Lompatan Kemajuan, Jokowi Akan Mempersatukan Indonesia Menjadi Negara Unggul

16 Agustus 2019   12:46 Diperbarui: 16 Agustus 2019   13:01 0 3 2 Mohon Tunggu...
Dengan  Strategi Lompatan Kemajuan, Jokowi Akan Mempersatukan Indonesia Menjadi Negara Unggul
Sumber: Tirto.id

Mendengar pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi hari ini seperti sedang mendengarkan seorang tokoh motivasi hebat yang membakar semangat, adrenalin serta antusiasme pendengar untuk segera bangkit bersama, bekerja dengan extra penuh, lupakan perbedaan apalagi konflik kepentingan politik ssaat, berpikir positif, bergandengan tangan, menuju Indonesia hebat luar biasa.

Pidatonya menjadi sangat menarik karena gaya orator seorang Jokowi sangat terkendali dengan bahasa dan kalimat-kalimat pendek sarat makna, dan di ungkapkan dengan penuh semangat "berapi-api" tetapi kalem. Bahkan mengenakan pakaian adat daerah nampak beliau tidak terganggu dengan penuh energi mengungkapkan mimpinya tentang Indonesia lima tahun kedepan.

Mendengar pidato Jokowi pagi ini, semakin menjelaskan bagaimana dia melihat masa depan negeri ini, dan strategi apa yang akan di gunakan untuk menuju dan mewujudkan mimpi bagi Indonesia yang lebih unggul dari negara lain, yang dia sebutkan sebagai negara harus lebih cepat dalam segala hal dibandingkan dengan negara lain, utamanya negara tetangga.

Dipastikan lima tahun kedepan Jokowi memilih sebuah cara baru yang disebut dengan "Strategi Lompatan Kemajuan", dengan strategi ini Jokowi akan memimpin Indonesia dalam satu kesatuan yang utuh tanpa perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

Lompatan kemajuan pada dasarnya merupakan pendekatan yang extra ordinary terhadap kegiatan pembangunan yang dilakukan diluar dari kebiasaan normal yang menekankan pada kecepatan dalam melakukan pembangunan.

Lompatan memberikan makna pergerakan seluruh dinamika pembangunan yang lebih cepat, cepat dan cepat. Dalam semua bidang utama pembangunan nasional, dalam berbagai aspek strategis, dan dalam semua perilaku orang sepanjang waktu.

Kecepatan sebagai penentu terjadinya lompatan kemajuan harus didukung oleh sistem pekerjaan yang benar, metode dan teknik pelaksanaan kegiatan yang didukung atau berbasis teknologi, berbasis digital bahkan juga berbalutan siber teknologi.

Oleh karenanya maka semua rencana, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan dari pusat ke daerah harus terencana, terukur dan terkendali dengan tinggi. Dengan demikian, lompatan kemajuan bisa diwujudkan dengan sistem kendali dan koreksi yang super tinggi.

Bila dicermati dengan seksama, sesungguhnya lompatan kemajuan yang menjadi pilihan strategi Jokowi memimpin Indonesia lima tahun kedepan, merupakan bentuk lain dari menerapkan secara total dan komprehensif apa yang selama ini kita kenal dengan Revolusi Industri 4.0 dan implementasi konsekuensi dari perkembangan teknologi berbasis aplikasi dan kita kenal dengan "Era Disrupsi Inovasi".

Artinya pula, Jokowi akan menerapkan habis-habisan unsur-unsur kunci dalam Revolusi Industri 4.0 dengan implikasi dan implementasi Internet of Things (IoT), Artificial Inteligence (AI), Human-Machine Interface, Printing 3-D. Penampakan dalam bentuk muncul robot/isme menjadi implementasi dari revolusi industri 4.0 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x