Mohon tunggu...
Dr. Yupiter Gulo
Dr. Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Sibuk dan Tak Punya Waktu, Cara Mudah Merusak Kepercayaan

29 Maret 2019   19:21 Diperbarui: 30 Maret 2019   05:51 674
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. Tidak Punya Waktu?

Banyak orang terjebak dalam kata sibuk, seakan waktu yang dimiliki 24 jam sehari tidak cukup untuk menyelesaikan semua target pekerjaan setiap hari. Dan karenanya mengabaikan banyak hal yang prinsip termasuk hancurnya teamwork yang dimiliki. Anda bisa kehilangan kepercayaan di dalam tim kerja Anda.

Bagi mereka yang sudah terjebak, selalu terlambat menyadarinya. Terutama ketika masalah mulai muncul, dan yang ditargetkan juga tidak tercapai, atau diabwah standar yang diinginkan. Dan ketika semua sudah terlambat, biasanya harus dimulai lagi dari awal, dari angka nol bahkan minus. Ketika kepercayaan dari anggota teamwork hilang, maka segalanya akan menjadi berantakan.

Sangat mungkin Anda sendiri mengalaminya. Lihat diri Anda, ketika tiba-tiba  mengambil nafas dengan cepat dari pekerjaan, sadar bahwa banyak orang menganggap Anda sibuk, atau bahkan Anda tidak punya waktu untuk membantu mereka yang menunggu dan mengharapkanmu.

Dan sejujurnya, itu membuat diri sendiri merasa bersalah dan malu. Padahal, Anda selalu tampil untuk membanggakan diri karena mendukung orang lain, dan tidak sekedar hanya berusaha lebih dari sekadar mau membantu mereka. Itulah titik kulminasi dimana Anda meninpu diri sendiri, dan orang lain faham akan perilaku Anda. Ini sangat memalukan!

Silakan refkesikan habis-habisan yang sudah dialami selama ini. Lihat, nampak bahwa disana ada saat-saat ketika merasa benar-benar kewalahan karena segala sesuatunya sibuk, baik di tempat kerja maupun di rumah. Dan akibatnya adalah Anda secara otomatis selalu berujar dan berteriak "Saya tidak punya banyak waktu untuk itu!"

Betulkah bahwa Anda tidak memiliki waktu karena sibuk?

Bangun, bangun!. Inilah bagian terburuk yang tercipta sebagai konsekuensi merasa sibuk dan tak punya waktu. Benar-benar dapat merusak kepercayaan dalam teamwork yang Anda masuki. Pada akhirnya, jika anggota tim mulai percaya bahwa seseorang tidak pernah punya waktu, itu memengaruhi kemampuan untuk menjadi rekan teamwork yang baik. Dan bisakah Anda menyalahkan mereka karena kehilangan kepercayaan sebagai anggota tim?

2. Merasa Sibuk : Merusak Kepercayaan Tim

Pahamilah dengan baik bahwa dengan selalu tampil dan berterik dengan mengatakan "saya tidak punya waktu", akan dapat kehilangan kepercayaan dengan teamwork bahkan dengan kolega atau sahabat-sahabat Anda, dalam beberapa cara.

  • Sesungguhnya Anda tidak sesibuk yang terlihat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun