Mohon tunggu...
Dr. Yupiter Gulo
Dr. Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kenali 4 Faktor Utama Menjadi Karyawan Berkinerja Tinggi

3 Desember 2018   19:45 Diperbarui: 7 Desember 2018   22:33 2689
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://artpictures.club

Karyawan yang memiliki kinerja tinggi merupakan keinginan dari semua pimpinan suatu perusahaan. Karena dengan kinerja yang tinggi dari karyawan maka pada akhirnya perusahaan juga akan memiki kinerja yang tinggi pula, organizational high performance. Artinya apa yang diharap-targetkan oleh perusahaan bisa dicapai.

Employee high performance sering kali menjadi misteri ketimbang kenyataan yang diharapkan. Karena sesungguhnya, batasan atau ukuran kinerja tinggi itu tidak pernah ada yang baku. Batasannya sangat relative bagi setiap orang, bagi setiap CEO, bagi setiap pimpinan organisasi.

High performance sesungguhnya lebih cocok sebagai sebuah filsafat atau landasan motivasi untuk memacu terus semangat karyawan agar bekerja dengan baik, bersemangat, tekun, antusias, dan tidak pernah putus asa. 

Employee high perfroamance berarti sikap karyawan dalam melakukan pekerjaannya setiap saat dengan menunjukkan sikap dan perilaku semangat, antusias, optimisme dan tidak pernah menyerah untuk terus menerus melakukan yang terbaik setiap saat.

Kata kunci dalam filosofi high performance employee adalah do the best everytime! Lebih menunjukkan pada sikap ketimbang hasil konkritnya. Sebab, ketika sikap dan perilaku pekerjaan sudah benar biasanya, hasilnya juga akan lebih baik dari sebelumnya.

Paling tidak ada 4 faktor kunci untuk yang bisa memperlihatkan karyawan yang berkinerja tinggi dalam bekerja, yaitu:

1. Bertindak bodoh dan nekad!
Ini sebuah kenyataan yang sering menjadi kontrakdiktif, kontr-intuitif, yaitu pekerja terbaik yang berkinerja tinggi adalah mereka mereka yang bertindak bodoh dan nekada atau terlalu berani melakukan sesuatu.

Mereka menempuh pilihan yang tidak biasa orang lain lakukan, bahkan mereka melakukannya tanpa perhitungan apakah berhasil atau gagal. Istilah kerennya "just do it!". Pekerja-pekerja seperti ini, pada umumnya sering menolak untuk bermain aman dan kadang-kadang mereka tampak konyol dan ssuper berani, berani mengambil risiko yang tidak dapat dilihat sekalipun.

Bila dicermati dengan baik, maka perilaku pekerja seperti ini termasuk dalam kelompok orang yang kreatif, inovatif dan terus menerus mencari ide, mengembangkan gagasan, dan berusaha mencoba dan mencoba melakukan gagasan yang dimilikinya itu. Soal gagal atau berhasil tidak pernah mereka pikirkan, kecuali hanya ingin mencoba dan mencoba.

2. Yang penting what next?
Pada umumnya orang lebih fokus dan bangga dengan apa yang sudah dicapai dengan apa yang sudah dikerjakannya sekarang. Padahal yang penting adalah what next?

Artinya, lebih penting tindakan apa yang selanjutnya harus dilakukan untuk mencapai target atau hasil yang lebih baik dari apa yang sudah dicapai saat ini. Sebab itu jauh lebih penting karena terkait dengan kecepatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun