Mohon tunggu...
Yuyun
Yuyun Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metopel (Metodologi Penelitian) Materi Kuliah

23 September 2022   23:41 Diperbarui: 23 September 2022   23:45 203 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Metopel atau singkatan dari kata Metodologi Penelitian adalah suatu bidang keilmuan yang didalamnya membahas banyak teori terkait dengan penelitian. Dewasa ini penelitian itu sendiri sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat luas sebagai suatu kegiatan yang kiranya bersifat ilmiah dan berkeilmuan. Penelitian itu sendiri terkenal dikalangan mahasiswa sebagai suatu syarat untuk menyelesaikan studi mereka sendiri demi mendukung penyelesaian tugas akhir mereka. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan diberbagai kalangan tersebut kurang memahami bagaimana sebenarnya definisi, klasifikasi dan beberapa hal penting terkait penelitian itu sendiri sehingga terlihat beragam dan berbeda untuk tiap orang yang meneliti. Dalam bahasa Inggris Penelitian disebut dengan "Reasearch" sedang dalam bahasa Perancis disebut dengan "Recherce". Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pembahasan mengenai Penelitian.

Definisi Penelitian

Penelitian biasanya dianggap sebagai kegiatan menemukan suatu inovasi baru yang sifatnya bermanfaat akan tetapi nyatanya penelitian tidak semata mata membahas tentang inovasi baru melainkan dilakukan karena berbagai masalah yang kemudian solusinya belum ditemukan atau bisa dianggap sebagai masalah penelitian. Jadi yang dapat dipahami bahwa penelitian diartikan sebagai kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis serta penyajian data secara sistematis dan obyektif, untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Klasifikasi Penelitian

Dalam klasifikasi jenis-jenis metode penelitian ini, didasarkan pada berbagai hal, mulai dari jenis dan analisisnya, berdasarkan penggunaan tekniknya, berdasarkan tujuannya, berdasarkan sifat permasalahannya, berdasarkan tingkat eksplanasinya, dan masih banyak lagi. Berikut adalah penjelasannya!

1. Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah pendekatan-pendekatan terhadap kajian empiris untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menampilkan data dalam bentuk numerik (angka) daripada naratif. Penelitian ini biasanya dilakukan apabila hendak memperoleh hasil yang akurat karena mengandalkan penghitungan.

2. Penelitian Kualitatif

Sebuah penelitian kualitatif, biasanya dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai suatu fenomena dan nantinya akan mengkonstruksi suatu teori yang berkaitan dengan fenomena tersebut. Metode penelitian ini kebanyakan berbentuk naratif. 

Selain itu juga penelitian dapat diklasifikasikan berdasarkan  metodenya, berikut klasifikasinya:

1. Penelitian Tindakan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan