Mohon tunggu...
Yunita Akni Rimasari
Yunita Akni Rimasari Mohon Tunggu... Lainnya - Wiraswasta

Perempuan baik hati dan tidak sombong 🥰

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 "Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid"

1 April 2024   20:56 Diperbarui: 1 April 2024   21:04 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Wr.Wb

Salam dan Bahagia pembaca yang budiman, pada kesempatan kali ini saya menuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Jurnal refleksi dwi mingguan ini merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh setiap calon guru penggerak. Jurnal refleksi dwi mingguan adalah sebuah catatan refleksi diri setelah mengikuti kegiatan pelatihan yang ditulis secara rutin setiap dua minggu sekali dan wajib dilakukan oleh Calon Guru Penggerak, dan sebagai calon guru penggerak saya akan merefleksikan seluruh rangkaian kegiatan selama mempelajari modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future) yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Dan berikut ulasan jurnal refleksi dwi mingguan modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

  • Fact (Peristiwa)

Setelah mempelajari modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya kemudian pada hari Rabu, 28 Februari 2024 saya mulai mempelajari modul 3.3 Program yang Berdampak Positif pada Murid. Pembelajaran dimulai dengan alur MERDEKA yakni Mulai dari diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi antar materi, dan Aksi nyata, seperti yang sudah biasa dilakukan dalam modul-modul sebelumnya. Kemudian dari modul 3.3 saya belajar tentang :

  • Mulai dari Diri. Pada modul 3.3 ini CGP CGP disuguhkan dengan dua pertanyaan pemantik yaitu apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid dan kaitan program  yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency). Mempelajari tentang program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler dan merefleksikan kembali pengalaman CGP yang paling berkesan saat menjadi seorang murid dimasa sekolah.
  • Eksplorasi konsep. Dibagian eksplorasi konsep ini, saya maupun CGP lainnya mempelajari secara mandiri untuk menelaah konsep Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya tentang bagaimana menyusun program yang berdampak pada murid, bagaimana cara menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan 3 aspek yang dimiliki murid seperti suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Kemudian materi tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid, serta pentingnya keterlibatan komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Dalam forum diskusi eksplorasi konsep, beberapa CGP berbagi pengalaman mereka terkait program-program yang telah dijalankan di sekolah mereka yang berdampak positif pada murid, dan CGP lainnya memberikan umpan balik dan berdiskuis terkait hal tersebut.
  • Ruang kolaborasi. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Siti Maemunah selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google Meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Selasa, 5 Maret 2024 pukul 13.00- 15.15 WIB. Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Rabu, 6 Maret 2024 pukul 15.30 - 17.45 WIB.
  • Demonstrasi Kontekstual. Pada kegiatan ini, kami CGP angkatan 9 diminta untuk membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin diterapkan disekolah masing-masing yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA, baik program yang dingin dirancang adalah program/kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler yang terpenting adalah bagaimana CGP mampu menggambarkan suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid. Adapun link demonstrasi konteksual sebagai berikut : https://www.youtube.com/watch?v=fQU8AoWVq6E
  • Elaborasi Pemahaman. Pada elaborasi pemahamam dimulai dengan membuat pertanyaan di LMS kemudian saya dan CGP angkatan 9 lainnya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Goole Meet pada hari Senin, 11 Maret 2024 sesi 2 pukul 15.30-17.45 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Bapak Seno.
    dokumen pribadi
    dokumen pribadi
  • Koneksi Antar Materi. Pada kegiatan ini, kami para CGP angkatan 9 diminta untuk dapat mengkoneksikan materi yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid. Tulisan reflektif meliputi aspek  Pemikiran reflektif terkait pengalaman belajar, Analisis untuk implementasi dalam konteks CGP dan Membuat keterhubungan. Adapun link koneksi materi adalah sebagai berikut : https://www.youtube.com/watch?v=XYMuh1WbpQw&t=34s
  • Aksi Nyata dalam modul  3.3 ini adalah CGP diminta untuk dapat menjalankan tahapan B (Buat Pertanyaan) & A (Ambil Pelajaran) berdasarkan model prakarsa perubahan B-A-G-J-A yang telah dibuat sebelumnya pada tahapan Demonstrasi Kontekstual dalam sebuah aksi nyata serta mendokumentasikan pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut. Adapun link aksi nyata adalah sebagai berikut : https://www.youtube.com/watch?v=UA-nLza6OHw&t=4s
  • Feeling (Perasaan)

Saya merasa sangat senang dan antusias serta semangat ketika mengikuti pembelajaran dalam modul ini. Senang karena modul 3.3 merupakan modul terakhir dalam program guru penggerak dan tugas-tugas yang menantang telah diselesaikan dengan baik dan selesai diwaktu yang sesuai. Saya merasa bersyukur karena masih memiliki kesehatan dan kesempatan untuk mencapai tahap ini yakni menyelesaikan modul 3.3 dan terlibat aktif dalam eksplorasi konsep serta sesi diskusi di Ruang Kolaborasi. Dengan Pendidikan Guru Penggerak ini, saya akan berusaha menerapkan setiap ilmu yang saya peroleh di PGP untuk diimplementasikan di sekolah tempat saya mengajar. Kolaborasi dengan semua waga sekolah diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi murid-murid di sekolah kami. Namun terdapat perasaan sedih dalam minggu terakhir ini, karena harus berpisah dengan rekan CGP, Pengajar Praktik dan Fasilitator jika PGP ini usai. Selama mengikuti CGP ini, banyak sekali ilmu yang diperoleh, kenangan yang di dapat, teman baru dan pengalaman baru. Saya menyadari selama mengikuti CGP, saya masih memiliki banyak kekurangan tetapi dengan rekan CGP, PP dan Fasilitator selalu mengingatkan, memberikan semangat  terkait hal-hal tersebut. Terimaksih untuk teman-teman CGP, Pak Fatrik Marundau, Ibu Rina Yuliyatun, Ibu Raden Rara Nurlaila Daruwati dan Ibu Tri Ariyani, PP saya Ibu Dwi Susanti dan Fasilitator saya Ibu Siti Maemunah. Semoga dengan berakhirnya CGP Angkatan 9 ini tidak memutuskan tali silaturahmi kita. Sukses selalu untuk kita semua.

  • Findings (Pembelajaran)

Modul 3.3 ini menambah pemahaman saya tentang bagaimana menyusun dan merancang kegiatan yang akan memberikan dampak positif pada murid. Dampak positif tersebut diharapkan dapat menumbuhkankembangkan kepemimpinan murid atau student agency. Untuk mencapai dampak positif pada murid, penting untuk mempertimbangkan aspek-aspek seperti suara (voice) dan pilihan (choice) yang dimiliki oleh murid, sehingga mereka dapat merasa memiliki (ownership) terhadap kegiatan tersebut. Dalam perancangan program yang akan memberikan dampak positif pada murid, tahap awal yang perlu dilakukan adalah melakukan pemetaan aset atau sumber daya yang dimiliki oleh sekolah secara cermat. Dengan langkah ini, program dapat dioptimalkan dengan lebih baik, mengurangi hambatan yang mungkin timbul, dan berkontribusi pada pencapaian visi dan misi sekolah. Pemetaan aset adalah langkah penting dalam memastikan kesuksesan program yang berfokus pada murid.

  • Future (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 3.3, kedepannya yang akan saya lakukan adalah saya akan berkolaborasi dengan seluruh warga sekolah dan murid-murid saya di sekolah, berbagi ilmu, berbagi praktik baik dan secara bersama-sama merancang program atau kegiatan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dengan mendengarkan suara (voice) dan pilihan (choice) murid. Sehingga program tersebut dapat berdampak positif pada murid dan menumbuhkan rasa memiliki (ownership) pada diri murid terhadap apa yang sudah dirancang secara bersama-sama.

Demikian jurnal refleksi dwi mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Salam Guru Penggerak.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun