Mohon tunggu...
Yuni Ardiyanti
Yuni Ardiyanti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya mengajar mata pelajaran Bahasa Jawa di SMAN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk. Saya lulusan tahun 2016 Universitas Negeri Surabaya mengambil jurusan S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Menggunakan Aplikasi Canva

2 Desember 2022   12:00 Diperbarui: 2 Desember 2022   12:13 248
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Adanya perkembangan jaman serta keingintahuan siswa terhadap pembelajaran yang lebih menarik, menjadikan pendidik harus mampu berinovasi dan lebih kreatif dalam menciptakan ruang pembelajaran yang aktif dan menarik. Siswa lebih mudah menerima materi yang menggunakan media yang  bervariasi, sehingga pendidik tidak hanya menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa yang aktif.

Suasana pada saat pembelajaran juga sangat berpengaruh dalam proses belajar. Terciptanya pembelajaran yang melibatkan keaktifan guru dan murid membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Materi yang diberikan pun akan lebih dimengerti oleh siswa. Dengan keaktifan siswa menjadikan guru SMAN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk mengenalkan aplikasi yang sebelumnya siswa belum bisa menggunakan dan mengaplikasikan dalam proses pembelajaran. Aplikasi yang digunakan juga sebisa mungkin untuk membuat siswa lebih percaya diri dan berfikir kreatif dalam proses pembelajaran ini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Sementara itu, dalam psikologi, pengertian motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. 

Dalam materi pembelajaran Teks Anekdot, siswa SMAN 1 Rejoso Kabupaten Nganjuk khususnya kelas XII mampu membuat suatu teks anekdot yang terdiri dari sebuah percakapan yang memuat struktur teks anekdot yang baik dan benar. Agar percakapan tersebut terlihat lebih menarik, guru membuat inovasi untuk menyarankan siswanya membuat komik bergambar. Komik adalah cerita bergambar yang disusun dari gambar-gambar yang tidak bergerak sehingga membentuk suatu cerita yang mudah dipahami.

 Media pembelajaran menurut (Surayya, 2012) yaitu alat yang mampu membantu proses belajar mengajar serta berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Menurut Rayanda Asyar (2012) media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Siswa kelas XII di SMAN 1 rejoso membuat komik Teks Anekdot melalui aplikasi canva, dimana aplikasi canva sekarang sudah dikenal di masyarakat khususnya para siswa yang lebih tahu akan perkembangan gadget dan inovasi. Akan tetapi siswa cenderung tidak tahu bahwa di aplikasi canva tersebut siswa bisa belajar dengan menggunakan inovasi  serta gambaran yang lebih menarik. Aplikasi canva diluncurkan tahun 2013, Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online dengan misi memberdayakan semua orang di seluruh dunia agar dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Dengan fitur desain yang mudah digunakan dan akses siswa satu kali masuk yang mudah, Canva untuk Pendidikan dibuat untuk siapapun. Sebagai alat mengajar, ini juga sangat bagus untuk mendorong kreativitas, meningkatkan kolaborasi, dan melancarkan pekerjaan. 

Canva membuat berbagai template sehingga memudahkan guru dan siswa untuk membuat tugas yang lebih inovatif. Terdapat presentasi, poster, komik, video instagram serta konten lain guna mendukung proses pembelajaran di kelas. Canva dapat diakses melalu PC atau Handphone sehingga memudahkan semua pengguna. Selain itu, aplikasi dan template beragam juga tidak dipungut biaya. Dengan aplikasi canva, siswa lebih mudah membuat dan mengedit percakapan yang memuat struktur teks anekdot ke dalam template yang sudah ada. Tentu saja menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar sesuai ejaan. Dengan adanya aplikasi canva, membuat siswa lebih tertarik dalam proses pembelajaran serta proses evaluasi lebih dimudahkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun