Mohon tunggu...
yunan dzakiyul fuad
yunan dzakiyul fuad Mohon Tunggu... tampan dan pemberani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030097

Selanjutnya

Tutup

Travel

Mengintip Keindahan Surga yang Tersembunyi di Nusa Tenggara Timur

21 Juni 2021   10:57 Diperbarui: 21 Juni 2021   11:10 147 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengintip Keindahan Surga yang Tersembunyi di Nusa Tenggara Timur
View dari Labuan Bajo

Janganlah kamu berdiam diri di rumah, karena Indonesia itu indah! Kalian pasti sudah tidak asing dengan kalimat ini "Pulau-pulaunya kaya akan keindahan alam, bahkan turis asing pun berkunjung ke Indonesia". Salah satu tempat wisata terpopuler saat ini adalah Labuan Bajo. Tempat ini dinilai sebagai tempat terbaik sama dengan Raja Ampat dari Papua di dunia. Menurut CNN, peringkat ini bahkan melampaui Kepulauan Galapagos di Amerika Serikat. Labuan Bajo terletak di bagian Nusa Tenggara Timur.

Pesona alam yang luar biasa dan garis pantai yang mempesona tidak hanya karena keindahan bawah lautnya, disini kamu bisa menikmati liburan bersama keluarga atau teman-teman. Labuan Bajo yang kemudian dikenal dengan nama Bali Baru Belakangan ini banyak diminati wisatawan mancanegara yang tertarik dengan keindahan alamnya. Selain itu, Pulau Bajo, pulau terkecil di bagian barat Flores NTT, berbatasan dengan Pulau Komodo yang dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri yang membuat pesona alam kamu datang secara alami.

Untuk sampai ke Labuan Bajo, kamu dapat mencapai tujuan dengan berbagaicara. Salah satunya adalah perjalanan melalui udara. Jangan khawatir, ada penerbangan ke Labuan Bajo, termasuk Trans Noosa. Nusa bekerja sama dengan Aviastar Trans dua kali terbang dari Denpasar ke Bandara Komodo, dengan waktu penerbangan 1 jam. Selain pesawat, kamu juga bisa naik perahu ke Labuan Bajo. Ada banyak, kamu bisa memilih rute ke Labuan Bajo. Bahkan ada yang murah, dan ada pula yang memiliki paket mewah, kamu tinggal memilih sesuai dengan keinginanmu. Untuk speedboat, kamu bisa menghubungkan Sape dan Labuan Bajo dan sebaliknya. Kamu dapat memulai pada hari Selasa, Kamis atau Sabtu.

Kamu bisa naik kapal Pelni dari Lombok atau Makassar yang berangkat setiap dua minggu sekali. Jika kamu bepergian dengan mobil, kamu juga bisa naik kapal feri yang bisa ditempuh dengan mobil. Kapal ini berlayar setiap minggu dari Labuan Bajo ke Biru di Sulawesi Selatan. Berangkat dari Bila pada hari Minggu dan Baggio pada hari Selasa. Ingin berwisata ke Labuan Bajo melalui jalur darat? Kamu juga bisa. Jika kamu naik bus dari Bali (Bung) ke Sumbawa Besar dari Surabaya atau Jakarta, kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Dari Sumbawa ke Bima, naik bus Sumbawa-Sape. Ke Sabah, bus terlebih dahulu melewati Bima. Kemudian Anda harus naik minibus ke Sabah. Transportasi darat sebenarnya merupakan moda transportasi yang paling murah, namun sangat merepotkan dan membingungkan karena banyak perubahan. Jika kamu ingin menggunakan transportasi umum di Labuan Bajo, kamu bisa menggunakan Bemo dan ojek. Layanan transportasi umum tradisional ini beroperasi hingga pukul 21:00. Jika kamu ingin mengunjungi pulau-pulau terdekat, seperti Rinka atau Taman, perjalanan perahu akan lebih mudah karena tersedia di pelabuhan.

Jika kamu berencana bepergian dengan mobil atau motor sendiri, kamu juga bisa menyewanya dari Bandara Labuan Bajo. Jadi apa yang membuat Labuan Bajo begitu banyak orang berkunjung? Setibanya di Labuan Bajo, segala lelahmu akan terbayar. Ada banyak tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi termasuk Pulau Kellore. Pulau kecil dengan perbukitan berbentuk kerucut ini yang paling dekat dengan Labuan Bajo. Itu terlalu besar tapi sangat licin dan curam, jadi berhati-hatilah. Kemiringannya sekitar 60 derajat. Namun ketika kamu mencapai puncak, rasa lelah pasti akan terbalas dengan keindahan yang sangat menawan. Pulau Kelor terletak di seberang Pulau Kelor dan terlihat seperti sekelompok segitiga. sangat bagus.

Hewan Komodo yang berada di Pulau Komodo
Hewan Komodo yang berada di Pulau Komodo

Pulau Kelor merupakan pulau yang sepi, jika ingin menginap di pulau tersebut perlu menyiapkan tenda camping. Kamu juga bisa snorkeling di pulau ini, karena pemandangan bawah lautnya sangat mempesona. Lalu ada Pulau Rinka. Pulau ini merupakan pulau terbesar kedua di gugusan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo. Berbagai spesies dapat ditemukan di sini, mulai dari komodo hingga kadal raksasa. Ribuan komodo hidup bebas di pulau ini, untuk menemukannya terlebih dahulu kamu harus memburunya. Ada tiga jarak pelacakan: pendek, menengah dan panjang. Sapuan pendek 2 kilometer, sapuan tengah 4 kilometer, dan sapuan panjang 7 kilometer. Pulau Knava juga menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Ada resort eksotis di pulau ini. Itu terbuat dari kayu dan menghadap ke laut biru yang jernih.

Perencanaan wilayah Pulau Rinca merupakan salah satu tujuan dari rencana kunjungan Presiden. Diharapkan pulau ini akan meningkatkan kualitas layanannya di masa depan untuk melayani lebih banyak wisatawan domestik dan asing. Tidak ada keraguan bahwa Labuan Bajo istimewa. Ini adalah pintu gerbang menuju Pulau Komodo yang merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dalam Tujuh Keajaiban Baru. Tapi itu bukan hanya komodo. Dibuat dengan mendaki Bukit Sinta atau tempat yang biasa disebut Bukit Sylvia. Ada perbukitan hijau dan satu atau dua gunung bisa dilihat.

Cara berlayar di laut agar pemandangan terlihat lebih indah, lebih indah saat sunset perlahan memudar. Di Bukit Sinta, sebuah tempat di Labuan Bajo, tempat populer untuk menikmati matahari terbenam yang keemasan. Ini juga menjadi pilihan bagi kamu yang ingin lebih mengeksplorasi pemandangan alam di sekitar Labuan Bajo. Sangat disayangkan jika kamu melewati pendakian gunung untuk menikmati rerumputan yang hijau. Namun jika Komodo tidak dibuka, maka perbincangan tentang Labuan Bajo tidak lengkap. Taman Nasional Komodo (Tennessee) sama dengan Pulau Komodo. Pulau ini merupakan habitat asli komodo purba. Hewan besar mirip kadal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat ya!

VIDEO PILIHAN