Mohon tunggu...
Yulius Dalangapa
Yulius Dalangapa Mohon Tunggu... Guru - DN

Suka jalan, suka ngajar, suka apalagi...?

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Ada Bunglon di Antara Kita

12 Maret 2016   23:45 Diperbarui: 13 Maret 2016   00:22 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Seharusnya seperti itu proses metamorfosis. Tapi, persahabatan saya tidak bemetamorfosis sempurna dengan seseorang yg saya kenal. Lirik lagu itu saya ubah seperlunya, karna pada akhirnya hanya bisa mengubah ulat menjadi bunglon, kamu tau bunglon kan, hewan yang berubah-ubah itu lho, warnanya. Kok bisa??? Kadang dlm persahabatan itu ada warna pertengkaran, kadang ada warna kesedihan, kadang ada warna kebahagian, kadang ada warna kelabu, seperti malam ini. J.

Semua berawal saat kuliah kelas perdana di kampus, (kalo saya tidak salah ingat saat itu mata kuliah Kimia BioOrganik) yg diampuh seorang Profesor hebat di Departemen Kimia.  Tidak tau alasan apa, mata saya fokus melihat sebuah nama diabsen, IDA AYU SUCI. Begitulah dia menulis namanya dengan lengkap. Saat saya membaca nama itu, hal yang saya pikirkan adalah dia salah satu mahasiswa daerah di kelas kami yg berasal dari pulau Dewata. Seorang mahasiswa berkasta layaknya orang Bali yang menyandang nama itu, atau paling tidak dia membawa garis keturunan Bali dalam silsilah keluarganya. TAPI kawan, semuanya diluar ekspetasi, bener kata orang “don’t judge a book by its cover”. Dia bukanlah orang Bali, dia tidak membawa garis keturunan Bali, dan yang lebih prihatinnya lagi, dia belom pernah ke Bali kawan.. hahahahaha. Dari situlah saya belajar, apalah arti sebuah nama.

Di kelas, mungkin dia adalah mahasiswa terempong yg pernah saya kenal. Jangan tanya lagi kalo bepergian entah kemana, seluruh isi kamarnya bisa pindah ke tas bawaannya. Apalgi nginap, mngkin isi lemarinya bisa masuk ransel, padahal cuman sehari nginepnya, bagi dia udah serasa setaon. Hari berlalu, minggu bergulir dan bulan berganti, eh seperti dipelet ramuan dukun paling ajaib se-Bogor, dia bisa masuk daftar list teman dalam keseharian saya. Dia bisa jadi teman yg setiap ke kampus mngkin saya akan nanyain dia, “Yu, ke kampus ga?”. Ga jodoh sih yah, cuman sehari tanpa dia rasanya saya kehilangan moment kebahagiaan aja.

Satu hal lagi yang unik pada anak ini, dia tipe mahasiswa yg ngeluhnya tingkat dewa. Tapi kalo dipikir2 sih ngeluhnya ada beberapa yg masuk akal. Dan herannya lagi, saya selalu jadi tumpuan keluhannya dia.. Sebel sih sebel. Cuman kalo ga didengerin kasian jg dia. Misalnya aja, kalo lg mau analisis sampel (maklumlah dia skrg status mhsswa tingkat akheer booo) dan laborannya mngkin berhlangan apalgi dia udah capek separuh nyawa ke lab itu, itu bisa jadi sepanjang hari dia akan ngeluh capek, kurang tidur, habis bensin. “dalam hati, repot banget, ga usah aja dianalisis tuh sampel, hahaha. Apalgi kalo harga analisisnya mehol (dibaca: mahal beud) gw lagi jadi sasaran keluhannya dia, katanya ga punya duitlah, “dalam hati ga usah aja dianalisis, ga keluar duit kan?”. Lalu misalnya dia janjian sama si “X” dan tidak ditepati sesuai jdwal, dalam hal ini dia ngeluh lagi ke saya, katanya kurang tidurlah, capek nunggulah de el el, “dalam hati, emang si X cuman ngurusin lu aja”.

TAPI KAWAN,  satu hal positif yg sllu saya pelajari dari dia, walopun dia itu ngeluhnya tingkat dewa seperti yg saya bilang tadi,  dia tetap akan mengerjakan semuanya jg dan akhirnya beres dan selesai jg. Ngapain harus ngeluh kawan? “gelenggelenggelenng”. Seperti apapun sifat dan tipenya, mau rempong kek, mau ngeluh kek, bagi saya dia sllu jadi teman yang turutin kemauan gila saya. Ga nolak deh kalo mau diajak malu bareng. Itu  hal yg sllu buat saya dekat sama dia. Pokoknya setiap hal gila yg akan saya kerjain, dan butuh orng lain utk ngedukung pasti dia yang akan saya ajak, dan dia seperti mesin otomatis yg siap beraksi. Siap menahan malu, siap nebalin muka badak... yahh,, you are my crazy deh pokoknya...

Akhirnya kami jg punya mimpi. Mimpi kami, yah mimpi kami, dalam waktu deket, mngkin setahun atau 2 tahun mendatang, kami bisa ke Bali bareng, sebenarnya dia mau hemat jasa guide makanya ngajakin saya ke sana, maklumlah walopun dari ujung selatan Indonesia, saya udah lebih dulu nginjakin kaki di Pulau kecil yg terkenal itu. Lalu katenye,, dia mau ke NTT, ke daerah eksotis yg pantainya masih perawan itu. Dan itupun aku disuruh jd guidenya, lagi-lagi biar hemat duit dia. Yah turutin aja deh. Dan yg terakhir, dia ngajakin aku ke Pontianak jg. Nah, yg ini baru ajakannya menguntungkan saya, di sana dia akan jadi guide (hemat di gw dong) hahahhaa, tapi yg lebih menariknya, dia bela2in ngasih kamar paling bagus di rumahnya kalo ngga salah berAC (katenye.....) utk naruh barang saya, eh salah untuk saya tempatin selama di sana. Yah.... mimpi ini akan kami jalani setelah lulus dari kampus tercintah, menyelesaikan apa yg sudah kami mulai di sini.

Semngat yah Yu, kamu selesaikanlah tesismu cepat, saya doain semuanya lancar yah, amin. Dan semoga tulisan ini jadi secuil semgat utk kamu dlm mengakhiri sinetron di kampus ini, dan yg lebih penting utk kita bisa mwujudkan mimpi traveling kita nanti.

Amin.

Spesial buat sahabat terempong [caption caption="Sama si Bunglon Rempong yg baek hati, ini neh wujud aslinya. hehehe"][/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun