Mohon tunggu...
Lilik YuliRiyanto
Lilik YuliRiyanto Mohon Tunggu... Kita ini sama

Indahnya berbagi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sambut Hari Santri, TPQ Al-Isyhar Kedungturi-Taman Hadirkan Kaleng Koin NU Peduli

22 Oktober 2020   02:05 Diperbarui: 22 Oktober 2020   02:10 43 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sambut Hari Santri, TPQ Al-Isyhar Kedungturi-Taman Hadirkan Kaleng Koin NU Peduli
Foto Dok Pribadi Yuli Riyanto

Sidoarjo, 21 Oktober 2020
Semarak peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020 semakin terasa. Banyak kalangan, khususnya warga nahdliyin yang menggelar berbagai macam kegiatan dalam rangka menyambut HSN tersebut.

Taman Pendidikan Quran (TPQ) Al-Isyhar menyambut HSN 2020 dengan menghadirkan kaleng Koin NU Peduli. Bekerjasama dengan Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak, Shadaqah, Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Majelis Wakil Cabang (MWC) Taman, Selasa (21/10/2020) sore.

Pengasuh sekaligus pendiri TPQ Al-Isyhar, Ustadz M Saiful Hanafi, menyampaikan, peringatan HSN rutin digelar setiap tahun. TPQ yang berlokasi di Desa Kedungturi , Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo ini berdiri sejak tahun 2005, dibawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial (YPS) Banana Al-Isyhar hanafi, saat ini memiliki santri sekitar 300 anak.

"Santri kami saat ini sekitar 300 anak, karena masih dalam masa pandemi Covid-19, peringatan HSN 2020 dilaksanakan secara sederhana dengan tetap mengikuti protokol kesehatan," katanya.

Lebih lanjut, pengurus ranting NU ranting Kedungturi tersebut menjelaskan, dalam rangkaian acara, para santri TPQ dikenalkan dengan sejarah Indonesia dan sejarah ke-NU an. Selanjutnya mereka diajak menyanyikan lagu syubhanul wathan, kuis, serta doa bersama, dilanjutkan dengan kirab Koin NU Peduli.

"Kepada para santri TPQ, kami kenalkan sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia, adalah  berkat perjuangan para kiai dan santri pada jaman kemerdekaan dulu, terutama yang di pimpin oleh Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari yang mengeluarkan resolusi jihad dan kita peringati setiap tahunnya," tutur pria alumni pesantren Lirboyo tersebut.

Dirinya berharap, LAZISNU MWC Taman setiap tahun berkunjung dan menyapa TPQ nya dengan membawa kaleng Koin NU Peduli.
"Agar anak-anak santri sejak dini sudah belajar untuk berinfak, walaupun sedikit harapannya bisa bermanfaat terutama untuk membesarkan NU," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris LAZISNU MWC Taman, Tarmuji menerangkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menggulirkan kembali  program pemberdayaan ekonomi berupa bantuan modal usaha berupa rombong usaha.

"Dalam waktu dekat kami rencananya menyerahkan bantuan rombong usaha kepada warga dhuafa binaan LAZISNU ranting Bohar dan Sambibulu," tegasnya.

Wakil sekretaris  LAZISNU MWC Taman, Askar Sodik menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar TPQ Al-Isyhar yang telah memfasilitasi kirab Koin NU Peduli di TPQ tersebut.

"Kami sampaikan terimakasih kepada keluarga besar TPQ Al-Isyhar dan para santri, semoga infak yang diberikan melalui kaleng Koin NU Peduli ini bisa bermanfaat bagi jamaah dan jamiyyah," ujarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN