Mohon tunggu...
Lilik YuliRiyanto
Lilik YuliRiyanto Mohon Tunggu... Kita ini sama

Indahnya berbagi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Peduli Lingkungan, GP Ansor Ranting Plumbungan Ajak Warga Bersihkan Sampah Liar

28 September 2020   16:22 Diperbarui: 28 September 2020   16:30 10 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peduli Lingkungan, GP Ansor Ranting Plumbungan Ajak Warga Bersihkan Sampah Liar
Foto Dok PR GP Ansor Plumbungan

Sidoarjo, 27/09/2020

Menjaga kebersihan lingkungan sekitar merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, selain disiplin mengikuti Protokol kesehatan (Prokes).
Seperti halnya yang dilakukan oleh  Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Plumbungan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Dengan menggelar kegiatan Bakti sosial (Baksos) bersih-bersih sampah liar di sepanjang bantaran kali atau pinggir jalan area perbatasan Desa Plumbungan dengan Desa Pademonegoro, Ahad (27/9). 

Diikuti oleh segenap pengurus dan anggota  PR GP Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Satuan Koordinasi Kelurahan (Satkorkel) Plumbungan, sekaligus mengajak Pemerintah Desa (Pemdes) dan warga setempat untuk turut bergabung.

Ketua PR GP Ansor Plumbungan, Haidar Ali mengatakan bahwa pihaknya  prihatin dengan seringnya ditemukan tumpukan sampah liar di pinggir jalan desa yang sengaja di buang oleh warga sekitar.

"Tumpukan sampah liar yang di buang warga sekitar di pinggir jalan membuat pemandangan kurang sedap, dan bisa memicu timbulnya penyakit yang dapat mengganggu kesehatan warga Desa Plumbungan," katanya.

Haidar menambahkan, rasa keprihatinan itulah yang memicu semangat GP Ansor Plumbungan untuk membersihkan sampah-sampah liar yang semakin menumpuk, sekaligus mengkampanyekan protokol kesehatan kepada warga sekitar. Ia pun mengaku telah berkoordinasi dengan Pemdes Plumbungan dan warga setempat terkait rencana Baksos tersebut.

 "Kami berharap kegiatan ini bisa menyadarkan dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan, khususnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Membuang sampah disembarang tempat termasuk di dalam saluran air adalah perbuatan yang sangat tidak terpuji, karena merugikan orang lain dan dapat menimbulkan permasalahan dalam masyarakat," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Sukodono, H Abdul Muntholib memberikan apresiasi atas aksi kepedulian lingkungan yang telah dilakukan oleh PR GP Ansor Plumbungan. Dijelaskannya, GP Ansor Plumbungan termasuk salah satu ranting yang aktif bergerak dalam berbagai kegiatan sosial, keagamaan, kekompakan, dan yang lainnya.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada sahabat ranting GP Ansor Plumbungan yang pagi ini telah mengerahkan seluruh personilnya dalam kegiatan Baksos di wilayah Desa Plumbungan, patut dijadikan contoh oleh ranting lainnya. Masih di masa pademi Covid-19 saat ini, tak lupa kami selalu mengajak sahabat Ansor dan Banser serta masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan," tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa langkah tersebut sebagai bentuk ikhtiar bersama, agar selamat dari terpapar virus Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x