Mohon tunggu...
Yulinda Nur Fitriana
Yulinda Nur Fitriana Mohon Tunggu... Penulis Moody ▫️ Penikmat dan interest about all music ▫️Communication

Hallo Reader!✨

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Goyang Lidah ala Es Goyang

9 Januari 2018   22:21 Diperbarui: 3 Februari 2020   11:00 588 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Goyang Lidah ala Es Goyang
Es Goyang (Doc.Pribadi

     Tangerang-  Saat ini orang millenials mungkin sudah lupa atau malah rindu dengan jajanan satu ini. 

Jajanan yang satu ini sangat digemari khususnya generasi '90an. Ternyata masih ada penjual Es Goyang, walaupun jajanan djadoel ini sulit ditemukan. Contohnya, pedagang es goyang yang ada di daerah Cikupa, Kabupaten Tangerang. 

Pedagang Es Goyang (Doc.Pribadi)
Pedagang Es Goyang (Doc.Pribadi)

     Es Goyang ini jajanan yang menggugah selera. Orang yang melintasi pedagang Es Goyang langsung berhenti dan membelinya, karena emang jajanan satu ini sulit di temukan selain pesaing dan pedagangnya mulai beralih menjadi penjual jajanan lain. 

Harga Es Goyang saat ini Rp 3000 padahal dulu Cuma Rp 1500 kita udah bisa dapat Es Goyang. Es goyang saat ini juga masih banyak di cari. Es sederahana dengan tangkai kayu ini ternyata masih banyak penggemarnya. 

Cara pembuatan Es Goyang  dengan cara adonan es dituangkan ke dalam cetakan dan diberi gagang sebatang stik kayu. Lalu, Es goyang cukup unik hanya menggoyang-goyangkan gerobaknya saja Es tersebut bisa mengeras, maka dari itu sesuai namanya. 

     Es goyang ini terbuat dari campuran santan dan perasa alami. Varian perasanya, yaitu kacang ijo, alpukat, cokelat, strawberry, ketan item, nangka. Pedagang Es goyang yang terdapat di Cikupa bernama Bapak Ade. "Saya sudah berjualan Es Goyang hampir 10 tahun, dagangan ini warisan keluarga saya. Jadi sudah turun menurun" ujarnnya. 

selain penikmatnya, pedagangnya sudah dari beberapa generasi untuk berjualan dengan adanya alasan "Saya masih mau berjualan Es Goyang selain warisan keluarga dan mempertahankan jajanan tempo dulu" sambungnya. 

     Es goyang merupakan jajanan tempo dulu. Harus dilestarikan dengan cara pedagangnya diperbanyak atau biar tidak kalah dengan Es modern, Es goyang ini di jual di minimarket dan supermarket. 

Karena Es goyang ini masih banyak penggemarnya, tapi sulit ditemukan hanya tempat tertentu saja, selain itu sebagai generasi '90an bisa memperkenalkan jajanan tempo dulu kepada anak-anaknya  atau ingin bernostalgia dengan mencicipi es yang bikin goyang lidah ini.

 Jajanan ini juga baik dikonsumsi karena bahan yang digunakan aman tetapi ingat tidak boleh berlebihan ya. (YNF)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x