Mohon tunggu...
Yulia Nurdianik
Yulia Nurdianik Mohon Tunggu... Penulis, Editor Buku, Founder Bisanulis.id, Content Creator, Aktivis PII

Berbagi tentang Self Development, Islam, dan Menulis

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bagaimana Hukum Menunaikan Zakat Fitrah Secara Online?

6 Mei 2021   13:41 Diperbarui: 6 Mei 2021   13:55 482 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bagaimana Hukum Menunaikan Zakat Fitrah Secara Online?
Sumber : Sumber : Shutterstock via ayosemarang.com

Saat Ramadan kita tidak hanya menjalankan ibadah puasa tapi juga berkewajiban mengerluarkan zakat fitrah. Zakat fitrah adalah zakat yang  dikeluarkan hanya satu sekali pada bulan Ramadan. Setiap muslim  baik lelaki dan perempuan wajib mengeluarkan zakat.

Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR. Bukhari Muslim)

Dilansir dari baznas.go.id,  syarat mengeluarkan zakat fitrah adalah  beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idulfitri. Besar zakat yang dikeluarkan  yaitu makanan pokok, kalau di Indonesia besar seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per orang. Selain itu, zakat fitrah boleh ditunaikan dalam bentuk uang. Sedangkan nominal zakat fitrah yang ditunaikan menyesuaikan dengan harga beras. Zakat Fitrah dikeluarkan mulai dari awal Ramadan hingga sebelum salat Idulfitri dilaksanakan. Kemudian, penyalurannya kepada penerima zakat  dilakukan sebelum pelaksanaan salat IdulFitri.

Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS. At-Taubah : 103)

Zaman yang semakin berkembang ini telah hadir pelayanan zakat fitrah  online. Bagaimana hukum mengeluarkan zakat fitrah secara online? Beberapa tokoh ulama mengatakan bahwa hukum menunaikan zakat fitrah secara online adalah boleh dan sah. Namun, yang perlu kita perhatikan adalah saat distribusi zakat dipastikan dilakukan secara transparan dan tepat sasaran. Jangan sampai zakat yang telah dikeluarkan dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dengan adanya kebijakan physical distancing membuat pembayaran zakat fitrah melalui online mempermudah menunaikan kewajiban  di rumah saja selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Berikut ini platform yang bisa kita pilih untuk membayar zakat fitrah.

Pertama, Dompet Dhuafa

Sumber : m.republika.co.id
Sumber : m.republika.co.id

Dompet Dhuafa adalah Lembaga Amil Zakat yang berdiri sejak tahun 1993. Lembaga ini berkhidmat ingin mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (ZISWAF) serta dana sosial lainnya baik dari individu, kelompok maupun perusahaan.

Kedua, BAZNAS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x