Mohon tunggu...
Veronica Yuliani
Veronica Yuliani Mohon Tunggu... Guru bahasa yang jatuh cinta dengan cello, panflute, dan violin.

Manulis untuk berbagi dan menginspirasi

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pria Gila Bola, Wanita Suka Zumba

21 Agustus 2020   10:36 Diperbarui: 21 Agustus 2020   10:31 192 6 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pria Gila Bola, Wanita Suka Zumba
Sumber: dok. pribadi

Pria gila sepak bola? Sudah tentu bukan rahasia lagi. Bola memang dunianya pria. Ibarat wanita yang suka dandan setiap hari begitu jugalah kira-kira para kaum adam juga selalu tertarik dengan olahraga satu ini. Setiap hari pun selalu ada kompasioner di kompasiana ini yang mengulas tentang olahraga satu ini. 'Nggak ada matinya deh pokoknya.

Nah, kalau pria suka bola, maka wanita pun punya olahraga yang digemari. Zumba, menurut saya bisa dikatakan seperti 'bola'nya bagi para wanita, setidaknya dalam beberapa tahun belakangan ini. Memang tidak semua wanita menyukai zumba, tetapi banyak wanita yang menyukai olahraga ini. Hampir dipastikan semua member zumba adalah wanita. Sekalipun instruktur zumba justru kebanyakan adalah pria.

Seperti yang kita ketahui olahraga zumba ini juga diciptakan oleh seorang pria, yakni penari dan koreografer Kolombia Alberto "Beto" Prez. Menurut sebuah sumber olahraga ini resmi lahir pada tahun 2001.

Apa yang membuat zumba menarik?

Beberapa bulan terakhir ini, teman-teman kantor saya setiap hari Rabu sehabis pulang sekolah tertarik berolahraga zumba. Kebetulan letak sanggar senam berada di depan sekolah tempat kami bekerja. Setelah mengikuti zumba mereka selalu mengunggah foto-foto dan video. Rona bahagia tergambar jelas di wajah mereka. Saya waktu itu belum turut bergabung dengan mereka.

Saya sebenarnya mengetahui olahraga ini sejak beberapa tahun yang lalu ketika saya mengikuti kelas aerobik. Saya sebenarnya sudah tertarik, tetapi waktu itu harga kelasnya per datang masih cukup mahal. Sanggar senam di depan sekolah pun juga belum ada.

Zumba memiliki segudang manfaat dan hal menarik yang membuat para wanita jatuh cinta dengan olahraga satu ini. Manfaat dan alasan berikut ini adalah manfaat dan alasan khas yang benar-benar dirasakan oleh teman-teman saya yang mengikuti kelas zumba, bukan manfaat teoritis seperti yang dikemukakan banyak ahli.

Pertama, zumba membuat perasaan jadi bahagia. Perasaan bahagia ini muncul karena mereka bisa berjoged ria dan berteriak mengekspresikan perasaan mereka dengan bebas tanpa malu atapun takut. Zumba bagi mereka seperti refreshing melepaskan penat pikiran dan badan sehabis bekerja. Zumba menyalurkan hobi dan naluri menari dalam jiwa mereka.

Kedua, zumba simpel dan santai. Gerakan-gerakan dalam zumba lebih simple dan relatif mudah diikuti. Temponya pun relatif sedikit lebih lambat dibandingkan aerobik. Zumba tidak terlalu menuntut gerakan cepat dan rumit seperti aerobik. Jadi, bagi pemula yang belum pernah ikut zumba pun akan cepat mengikuti dan menikmati senam ini.

Ketiga, musik zumba semuanya asik. Seperti kita tahu bahwa zumba ini diiringi musik latin dan internasional. Semua musiknya menarik kita untuk bergoyang. Dan perlu diingat musik adalah salah satu detok bagi jiwa. Tak heran kalau habis zumba semua jadi rileks dan bahagia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN