Mohon tunggu...
Olind Rivi
Olind Rivi Mohon Tunggu... Hay. Congrats you found me ✨❤️

Menulis untuk hidup dan keabadian ~

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Apa Dampak Covid-19 terhadap Teknologi?

19 Maret 2021   14:26 Diperbarui: 19 Maret 2021   20:27 113 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Dampak Covid-19 terhadap Teknologi?
Sumber foto: medhyhidayat.com

Semenjak kasus Covid-19 merebak di Indonesia seluruh lapisan aktivitas masyarakat sangat dibatasi dengan adanya peraturan PSBB dan PSBB transisi yang cukup ketat, yang entah sampai kapan situasi pandemik ini benar-benar berakhir. Kita semua hidup dalam ketakutan yang besar karena selain virus ini menyerang saluran pernapasan, proses penularan pun sangat cepat dan hal ini sangat berbahaya jika kita memiliki riwayat penyakit bawaan/penyerta atau Komorbid. 

Untuk itu penulisntidak akan pernah bosan-bosannya menghimbau dan saling mengingatkan satu sama lain untuk tetap waspada, menjaga kesehatan, dan mengikuti protokol kesehatan yang ada, agar kita semua tetap sehat dan lekas beraktivitas kembali normal seperti sediakala tanpa dihantui rasa takut.

Di tengah situasi yang masih kurang mengenakan ini penulis akan mengulas hasil refleksi diri selama setahun belakangan ini bagaimana dampak dari Covid-19 terhadap kemajuan teknologi

Di mana yang sebelumnya penulis sempat berpikir bahwa akibat dari pandemi ini semua pelaku usaha mengalami kesulitan yang besar terutama dari segi perputaran perekonomian. Namun, seiring berjalannya waktu dengan keadaan yang masih tidak menentu ini, mindset tersebut kini berubah setelah melihat roda perputaran teknologi yang begitu cepat mempengaruhi aktivitas kehidupan masyarakat. 

Sadar atau tidak sadar kasus Covid-19 tidak hanya membawa dampak buruk, namun membawa perubahan yang cukup baik dari segi kemajuan teknologi. 

Bisa dibilang bukan mempersulit kehidupan kita tetapi dipermudah. Kenapa? Coba lihat situasi sekarang semua aktivitas kerja, bisnis, sekolah dan kuliah  sangat dibatasi namun masih bisa dijalankan dengan baik meskipun hasilnya belum maksimal hanya dengan memanfaatkan teknologi. Mau meeting bisa dengan zoom, kuliah dan sekolah bisa dengan zoom, kirim laporan kerja dan tugas-tugas penting lainnya bisa lewat email, WA, dan Telegram. 

Gampang, mudah, dan praktis bukan? Tanpa membuang duit banyak untuk menyewa tempat, biaya ongkos perjalanan, biaya makan, dll. Bahkan kaum rebahan pun bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah hanya dengan memanfaatkan teknologi saja.

Teknologi sudah membawa perubahan dan pengaruh yang sangat besar untuk kehidupan kita. Kalau kita mau mengupgrade diri, jangan pernah menutup diri dari perkembangan zaman karena lambat gerak sedikit saja, kita bisa tertindas zaman dengan cepat atau bahkan tertinggal jauh. Secara pribadi penulis sedikit merasa iri dengan generasi Z. 

Konsep berpikir generasi Z dengan generasi milenial sangat jauh berbeda bahkan dari segi kemampuan atau potensi diri dalam membaca dan melihat peluang. Bisa dibilang mereka benar-benar hidup menguasai teknologi dan bersama teknologi mereka bisa hidup dan maju. Kalau kita masih menutup diri menerima perubahan yang ada, maka kita bisa tertindas zaman. 

Tidak menutup kemungkinan, 5 tahun atau 10 tahun ke depan bisa saja seluruh aktivitas manusia di handle total oleh teknologi. Who know's ! Atau jangankan menunggu perubahan di tahun mendatang, sejak maraknya Covid-19 ini saja kemajuan teknologi benar-benar cepat menguasai seluruh lapisan kehidupan kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN