Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan 7 antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren Bergabung di Kompasiana 20, Oktober 2020

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Resep Gongso Daging Sapi, Menjadi Menu Favorit Keluarga

12 Februari 2024   19:56 Diperbarui: 13 Februari 2024   09:34 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Resep Gongso Daging Sapi: Sumber gambar Kolase Foto Yuliyanti

Kemarin, Jum'at 08 Februari 2024, saya membeli bahan daging merah berikut tulang iga sekira 500 gram. Kangen momen Hari Raya Idul adha. Di mana setiap mendapat daging saya kerap memasak sup(Sop) iga sapi. 

Pasalnya, Nak Nang sangat menyukai jenis masakan ini. Nah, momen libur panjang saya manfaatkan untuk mengolah. Pertama-tama merebusnya. Air rebusan pertama dibuang.

Tahap kedua proses pengempukan saya menambahkan bawang putih, bawang merah, cengkih, kembang lawang serta penyedap rasa sapi. 

Setelah empuk, daging dan tulang iga berikut kuah kaldu saya bagi menjadi dua bagian. Sebagian saya buat sup kesukaan anak, sisanya disimpan di lemari es untuk resep gongso-gongso.

***

Resep gongso sapi menjadi hidangan favorit saya dan suami. Berawal membeli secara online, lama-lama ingin mencoba membuat hidangan sendiri. Lalu memadukan dengan beberapa bahan lain.

Gongso sapi terdiri dari bahan daging sapi, tulang iga yang sudah direbus bersama bumbu. Ditambah sayuran, dan menaburkan petai goreng atau rebus dalam hidangan membuat lidah semakit terpikat. 

Ditambah bumbu rempah, sedikit kecap manis, serta bumbu andalan keluarga kami membuat cita rasa semakin lezat.

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita eksekusi bahan-bahannya.

Mabar yuk, Masak Bareng, yuk!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun