Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan lima antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Tips Membuat Lada Bubuk agar Aroma Harum dan Awet

26 Mei 2022   16:53 Diperbarui: 26 Mei 2022   21:56 242 32 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar nova.grid.id

Dua pekan terakhir, sedari belum subuh saya sudah ubek di dapur menyiapkan menu sahur. Kebetulan beberapa hari sedang menunaikan puasa (bayar utang Ramadhan) berlanjut puasa syawal bersama suami.

Aktivitas tersebut berkesinambungan hingga pagi hari. Menyiapkan sarapan untuk NakNang sebelum berangkat sekolah. Terkadang ia minta sarapan nasi beserta lauk telur dadar. 

Namun, takjarang cukup segelas susu hangat dalam mengawali pagi ceria. Nah, kalau tidak sarapan nasi, alamat bakal jajan di kantin sekolah. Tapi tak apalah, saya tidak akan membahasnya di sini.

***
Kemarin pagi saya ingin membuat sayur sup untuk menu santap siang karyawan. Dalam menghidangkan menu tersebut, tentunya memerlukan beberapa bumbu, salah satunya lada butir atau bubuk.

Lada, disebut juga merica atau sahang, yang mempunyai nama Latin Piper nigrum adalah sebuah tanaman yang kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Wikipedia.

***

Menggunakan lada atau merica dalam masakan tentunya tidak asing lagi. Apalagi bagi kawan sesama kompasianer yang kerap memasak menggunakan bumbu rempah.

Pasalnya, rempah yang satu ini fungsinya tidak hanya menambah aroma. Tetapi juga memberi rasa pedas yang khas lada.

Kelezatan khas Nusantara tentu tidak lepas dari peranan bumbu dan rempah. Mengingat perannya cukup penting, membuat sebagian orang untuk menyetok lada butir hingga bubuk.

Begitu halnya saya. Namun demikian, saya ingin menggunakan merica yang disangrai terlebih dulu sebelum dihaluskan. Setiap memasak, selalu memakai metode ini. Sebab, rasanya jauh lebih enak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan