Mohon tunggu...
Yulia Almira
Yulia Almira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nama lengkap Yulia Almira, Pekerjaan Mahasiswa

Nama lengkap Yulia Almira,umur 21 tahun,hobi traveling,membaca buku. Cita cita jadi guru.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Upaya Pembaharuan Pendidikan oleh: Yulia Almira Nim 18052132

1 Desember 2021   23:30 Diperbarui: 2 Desember 2021   00:13 45 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Upaya Pembaharuan Pendidikan

Oleh: Yulia Almira

Pembaharuan diartikan sebagai upaya untuk memperbaiki sesuatu untuk menjadikannya lebih baik dan berguna. Di bidang pendidikan, usaha pembaharuan pendidikan bisa dilakukan mulai dari aspek kurikulum, pengelolaan pendidikan inovatif, pengembangan pendidikan luar sekolah, dan home schooling. 

Kurikulum dirancang sedemikian rupa dan terus dilakukan pembaharuan untuk mencapai kesempurnaan dan seimbang antara berbagai aspek seperti sikap, keterampilan, dan juga pengetahuan. 

Pemerintah harus ikut serta dalam upaya pembaharuan pendidikan ini untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik bagi pendidikan nasional Indonesia sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu UU no 20 tahun 2003 antara lain adalah mencerdaskan kehidupan bangsa serta untuk mengembangkan manusia seutuhnya, yakni manusia yang bertakwa dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki budi pekerti yang luhur, mempunyai segenap keterampilan dan pengetahuan, kesehatan jasmani serta rohani, mandiri, mantap, dan memiliki rasa tanggung jawab dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Salah satunya adalah kurikulum 2013 yang lebih terfokus pada pendidikan karakter. 

Selain itu, dalam proses belajar, siswa lebih aktif dari pada guru. Guru hanya berperan sebagai fasilitator. Sehingga menjadikan siswa lebih kreatif, aktif dan inovatif. 

Selanjutnya pengelolaan pendidikan inovatif. Inovasi pendidikan harus selalu di upayakan dengan menciptakan atau mencari terobosan- terobosan baru demi tercapainya tujuan pendidikan nasional. Pendidikan inovatif bisa dilihat dari metode pembelajaran, media, pendekatan, serta strategi pembelajaran yang akan digunakan.

Selanjutnya adalah pengembangan pendidikan luar sekolah. Segala yang ada di lingkungan sekitar kita bisa dijadikan sebagai pelajaran. Seperti moto Universitas Negeri Padang atau kampus saya sendiri yaitu Alam Takambang Jadi Guru. Artinya semua yang ada di alam ini menjadi pelajaran hidup yang berarti. 

Dalam lingkungan masyarakat, berbagai ilmu serta pengetahuan bisa diperoleh dengan berinteraksi serta membaur secara langsung dengan sesama anggota masyarakat. Dengan kata lain, hal yang tidak mungkin kita peroleh di lingkungan sekolah, bisa kita dapatkan di luar sekolah. 

Contoh sederhana saja, untuk menambah pengetahuan kita tentang satu mata pelajaran, dengan mengikuti kursus di luar jam pelajaran akan membantu kita untuk memahaminya. Sehingga pengembangan pendidikan di luar sekolah tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele.

Terakhir adanya program Home Schooling. Home Schooling merupakan salah satu bentuk atau wujud dari pendidikan informal. Program ini biasanya dilaksanakan dengan mandiri dari keluarga si anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan