Mohon tunggu...
Yuli Mahayani
Yuli Mahayani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Monitoring Aktivitas Sosial Media Bagi Para Pebisnis

15 Juli 2018   18:42 Diperbarui: 15 Juli 2018   18:37 641
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Semakin berjalannya waktu, kehadirannya semakin pesat dan semakin beragam jenisnya. Ditambah, kesadaran masyarakat dunia mengenai internet dan Social Media membuat hampir semua pengguna internet memilki setiap akun sebagai media berkomunikasi di internet. Kini, Social Media bukan hanya sebagai media komunikasi sosial di internet, melainkan sudah menjadi sebuah gaya hidup. Hampir setiap harinya, orang-orang mengakses Social Media untuk mengungkapkan sesuatu, membicarakan sesuatu dan membagi apapun kepada siapapun, untuk membicarakan tokoh, organisasi dan merek, baik itu positif ataupun negatif.

Disamping kegunaanya Sosial media dapat digunakan sebagai sarana layanan pelanggan. Pelanggan dapat menghubungi pebisnis melalui perpesanan barang di sosial media melalui akun atau web bahkan contact. Jika perusahaan bereaksi segera atau relatif cepat, ada kedekatan dengan pelanggan yang tidak bisa dijangkau di media lain. Sehingga membawa dampak baik bagi para pebisnis di indonesia bahkan dunia.

 Mereka sangat terbantu dan termotivasi melakukan kegiatan bisnis (Marketing), baik bisnis onlineshop, iklan, menjual blog yang sudah jadi, dan masih banyak lagi. Melakukan aktvitas lewat sosial media bisa dikatakan gratis tanpa dipungut biaya.  Namun, pemantauan sosial media masih perlu ditingkatkan, Masih banyak data yang harus diolah dalam pemantauan sosial media, dan data ini harus segera diproses dalam waktu dekat sehingga pebisnis dapat bereaksi langsung terhadap tren, kritik, opini, saran dan kompetisi.

Untuk mengatasi hal tersebut dapat melakukan pengecekan Social Media Monitoring, sebuah metode analisa untuk melihat berbagai macam respon atau opini pengguna terhadap tokoh, organisasi dan merek, dengan menarik data yang didapat dari semua jenis Social Media yang digunakan. Monitoring hasil dilakukan untuk tujuan memonitor trend dari luaran dalam kurun waktu, baik antar kelompok maupun antar tempat mengumpulkan informasi untuk mengetahui penyebab dari sebuah hasil atau keadaan dan untuk memberikan umpan balik bagi pengambil kebijakan terhadap effectiveness dari sebuah program dan usaha-usaha untuk mengatasi sesuatu.

  • Saat ini, bisnis di sosial media merupakan salah satu peluang besar bagi pebisnis. Pemantauan Media Sosial menjadi semakin penting. Semakin berkembangnya trend penggunaan sosial media dikalangan masyarakat dan semain berkembangnya teknologi internet, tentu mendatangkan peluang yang cukup menggembirakan bagi pebisnis secara umum, kondisi ini ditunjang dengan semakin majunya perangkat bergerak seluler yang semakin banyak digunakan oleh masyarakat.

            Perkembangan kondisi yang demikian ini akan membuka aktifitas atau kegiatan yang semakin kreatif dikalangan para pembisnis untuk memanfaatkan kemajuan teknologi seluler dalam menjalankan bisnis rumahan maupun secara online. Tidak terbatas juga untuk para ibu rumah tangga yang tidak bekerja, maupun bekerja dapat memanfaatkan peluang bisnis online tersebut, mengingat bisnis secara online sangat praktis dijalankan oleh seluruh kalangan.

  • Dengan terus memantau kelompok sasaran di jejaring sosial, untuk mengidentifikasi tren, mengantisipasi kritik atau menciptakan opini. Data ini bisa digunakan dengan berbagai cara. Misalnya, untuk lebih memahami pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, atau untuk mewujudkan pemantauan merek dan kualitas brand/merek.

Pebisnis dapat melakukan monitoring melalui beberapa aspek, pertama yaitu: Proses Evaluasi Monitoring dilakukan dengan mengawasi langsung ke sosial media yang digunakan untuk lahan bisnis seperti instagram, facebook, youtube dll, kedua dengan Monitoring Opini, Respon Publik dengan adanya monitoring ini, para belaku bisnis langsung dapat melihat opini publik baik postif maupun negatif tentang brand atau jasa yang mereka jual, gunanya agar pembisnis dapat merespon apa yang diinginkan dan tidak diingkinkan oleh konsumen pada brand mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun