Mohon tunggu...
Yugi Wiratama
Yugi Wiratama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

topik konten sosial dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa PMM UMM Memberikan Edukasi tentang Pendidikan Karakter kepada Anak TPQ Miftakhul Jannah

30 November 2022   07:13 Diperbarui: 30 November 2022   07:26 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang atau biasa disebut PMM UMM dari bhaktiku negeri kelompok 15 gelombang 11. Kegiatan Edukasi tentang Pendidikan Karakter ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 24 November 2022 yang berlokasi di TPQ Miftakhul Jannah, Kelurahan Karang Basuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Kelompok 15 gelombang 11 ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 3 mahasiswi dari jurusan farmasi, 2 orang mahasiswa dari jurusan ilmu komunikasi dan teknik elektro dari UMM. Kelompok ini berada dibawah bimbingan bapak Abdurrohman Muzakki, M.Pd.

Tujuan dari diadakannya kegiatan edukasi tentang pendidikan karakter ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan kepada anak-anak TPQ Miftakhul Jannah tentang pentingnya pendidikan karakter di era masa kini. Dengan memiliki pengetahuan tentang pendidikan karakter ini agar anak-anak dapat memiliki sifat dan perilaku yang baik terhadap orangtua maupun masyarakat.

"Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. Pengembangan karakter bangsa dapat dilakukan melalui pengembangan karakter individu seseorang. Akan tetapi, karena manusia hidup dalam lingkungan sosial dan budaya tertentu, maka perkembangan karakter individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan".

Solusi agar anak-anak dapat memiliki pendidikan karakter adalah dengan memberi contoh perilaku yang baik, menanamkan sifat jujur, sabar, adil, bertanggungjawab, kerjasama, dll.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun