Yudi Irawan
Yudi Irawan Mohon Tunggu... Administrasi - Bukan Seorang Penulis

Seseorang yang baru saja belajar menulis di usia senja :-)

Datar Kinayin dan Keramahan Kopi Luwak

21 Desember 2018   14:03 Diperbarui: 12 Januari 2019   21:20 338

"Kakak, Adik, liburan ini kita mau kemana?" tanyaku kepada dua putriku yang kebetulan memang sedang menikmati libur sekolah akhir tahun.

"Kemping aja Yah" sahut mereka berbarengan.

"Ok, kita cari tempat kemping lain selain yang pernah kita datangi ya" timpalku tidak kalah semangat.

Kebetulan dirumahku saat itu sedang adik iparku, Mila dengan suaminya yang bernama Fajrin. Dan kebetulan lagi, Fajrin ini adalah seorang pecinta alam yang masih aktif yang di bulan Januari nanti akan menuju Afrika untuk pendakian. Entah Gunung apa yang akan didaki disana. Mendengar percakapan kami, Fajrinpun mengusulkan untuk pergi liburan bukan dengan berkemah, melainkan menginap dirumah penduduk asli yang dibelakangnya terdapat sungai jernih. Diapun lalu menunjukkan foto-foto lokasi khususnya sungai yang dia maksudkan tadi. Kamipun setuju. Toh tempatnya juga tidak jauh, masih disekitar Bogor. Akhir kata, disepakatilah petualangan kami nanti akan dilakukan pada tanggal 19-20 Desember 2018. Itu artinya Rabu dan Kamis.

Rabu, 19 Desember 2018

Perjalanan kami mulai dari rumah Fajrin dibilangan Cimanggis Depok. Segala persiapan tentunya sudah diatur dengan baik. Khususnya perlengkapan dan makanan yang akan dibawa kesana. Tidak lupa oleh-oleh bagi warga yang nantinya rumahnya akan kami tempati bermalam.

Jam 9 pagi kendaraan kami meluncur. Kami berenam saat itu: saya, istri, dua anak perempuan saya, Mila dan Fajrin. Jalur yang kami lewati adalah keluar pintu tol Citeureup, lalu melalui wilayah Pasri Mukti, Desa Sukamakmur sampai dengan akrhirnya tiba di tempat wisata Rawa Gede. Sepanjang perjalanan, mata kami disuguhi pemandangan cantik nan elok.

Rawa Gede ini adalah sebuah danau yang cukup besar yang didalamnya terdapat kolam renang, air terjun, selfie area dan warung-warung khas tempat wisata. Adapun wilayahnya, Rawa Gede sudah masuk dalam wliayah kabupaten Bogor. Sebagian orang mengatakan masku kedalam wilayah Jonggol. Tidak penting sih bagi saya. Yang penting saya dan keluarga sudah sampai kesana untuk pertama kalinya setelah menempuh perjalanan 2,5 jam.

dokpri
Udara sejuk dan dinging langsung menyambut kami. Rupanya Fajrin sudah sangat terkenal disini. Hampir semua orang yang kami temui langsung menyapa Fajrin, demikian juga nanti saat kami naik keatas maupun saat perjalanan pulang. Kami singgah disebuah warung yang dimiliki oleh seorang yang bernama Pak Ukar. Di warung ini kami istirahat untuk kemudian makan siang, sholat dan merapikan kembali bawaan kami. Tidak lupa oleh-oleh yang sudah disiapkan sebelumnya, kami berikan ke Pak Ukar dan keluarganya. Sangat bersahabat sekali keluarga Pak Ukar ini. Mungkin karena ada Fajrin disitu :-)

Setelah meyakini semuanya siap, tepat jam 13.00 kami berenam mulai menapaki jalan bebatuan yang sudah tersusun rapi menuju tempat yang namanya Babakan Banten. Kenapa namanya Babakan Banten, nanti saja ya saya ceritakan. Soalnya ini edisi pendakian dulu, hehehehe....

Jalanan menuju keatas mempunyai elevasi atau kemiringan yang cukup tinggi. Untungnya jalan yang kami lalui mayoritas sudah bagus dengan tatanan batu kali yang boleh dibilang rata. Selama perjalanan mata kami juga disuguhi oleh pemandangan yang cukup menyejukkan. Persawahan luas, tebing dan hutan, serta kabut yang perlahan-lahan menyertai setiap langkah kami. Sering kami temui hilir mudik motor yang lalu lalang naik dan turun. Ada juga satu atau dua mobil yang mengangkat hasil perkebunan, terutama buah Nangka.