Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Pesawat Jatuh, 19 Tewas dan 24 Selamat

7 November 2022   19:44 Diperbarui: 7 November 2022   20:03 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim penyelamat korban pesawat  yang jatuh ke Danau Victoria di kota Bukoba, Tanzania barat, pada Minggu 6/11/2022 foto: AFP 


Kematian akibat kecelakaan menimbulkan duka bagi keluarga dan negara.

"Semua warga Tanzania bersama Anda dalam duka setelah kematian 19 orang dalam kecelakaan itu," kata Perdana Menteri Kassim Majaliwa, berbicara kepada orang banyak yang berkumpul di bandara Bukoba.

Sebanyak 19 orang tewas ketika sebuah pesawat jatuh ke Danau Victoria di Tanzania pada  Minggu 06/11. Pesawat itu akan mendarat di Bukoba, di barat laut negara itu, dari ibu kota ekonomi Dar es Saalam. Dar es Salaam ke Bukoba, sebuah kota di tepi Danau Victoria, yang terbesar di Afrika dan di mana Sungai Nil naik.

"Kami sedang melanjutkan penyelidikan, kemungkinan dua orang tidak berada di dalam pesawat dan meninggal dalam operasi penyelamatan," kata Albert Chalamila.

Pesawat itu "jatuh di air sekitar 100 meter dari bandara," kata komandan polisi regional William Mwampaghale kepada wartawan di bandara Bukoba.

 Pesawat milik Precision Air, yang merupakan maskapai penerbangan swasta terbesar Tanzania  yang sebagian dimiliki oleh Kenya Airways.

Armadanya terdiri dari sembilan pesawat, termasuk tiga ATR 42-500, satu ATR 42-600 dan lima ATR 72-500. ATR-42 diproduksi oleh perusahaan Prancis-Italia ATR

Pada tahun 2007, sebuah penerbangan Kenya Airways dari kota Pantai Gading Abidjan ke Nairobi, ibu kota Kenya, jatuh ke rawa setelah lepas landas, menewaskan 114 penumpangnya.

Pada tahun 2000, penerbangan Kenya Airways lainnya dari Abidjan ke Nairobi jatuh ke Samudra Atlantik beberapa menit setelah lepas landas, menewaskan 169 orang sementara 10 lainnya selamat.

Pesawat yang kecelakaan saat mencoba mendarat di bandara Bukoba di tepi danau di tengah cuaca badai. Precision Air, pemilik pesawat yang jatuh, memastikan hanya 24 orang yang selamat dari kecelakaan itu. Dua dari mereka yang diselamatkan bukanlah penumpang dalam penerbangan itu tapi regu penyelamat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun