Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Armada Latihan Perang China-Taiwan Berhadapan, PM Gonzales Datang Tidak Takut

9 Agustus 2022   18:54 Diperbarui: 9 Agustus 2022   19:09 107 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tsai Ing-wen terima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri St. Vincent and the Grenadines, Ralph Gonsalves  Senin, 8 Agustus 2022. Sumber: reuters

Gara gara Pelosi, China meneruskan tekanan di sekitar pulau Taiwan. Latihan militer China sangat dekat dan dapat disaksikan oleh penduduk Taiwan  

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan akan melakukan latihan bersama, dengan fokus pada operasi serangan maritim dan anti-kapal selam.

Berbagai uji coba rudal balistik, dilakukan China  dan  menutup saluran dialog dengan Washington.

China luncurkan 11 rudal balistik jarak pendek dalam empat hari pertama latihan, kapal perang China, pesawat tempur dan pesawat tak berawak beroperasi terus menerus di sekitar pulau.

Helikopter militer China terbang di atas Pulau Pingtan, salah satu titik terdekat daratan China ke pulau Taiwan. Foto: Getty Images.
Helikopter militer China terbang di atas Pulau Pingtan, salah satu titik terdekat daratan China ke pulau Taiwan. Foto: Getty Images.
Tepat sebelum latihan berakhir pada 7 Agustus, sekitar selusin kapal perang dari Beijing dan Taipei saling berhadapan di dekat garis tengah di tengah selat. Namun tidak terjadi apa apa. 

Taiwan menggandakan Pertahanannya Taiwan mengatakan bahwa kapal militer, jet tempur dan pesawat tak berawak juga  melakukan latihan didekat itu. 

Taipei mengatakan pihaknya mengirim pesawat dan kapal untuk merespons dengan tepat.

"Situasi tegang saat ini di Selat Taiwan benar-benar diprovokasi dan dibuat oleh pihak AS dan Pelosi, pihak AS harus memikul tanggung jawab dan konsekuensi penuh untuk ini. 

Ada negara yang tidak takut dengan ancaman China. Segera setelah latihan baru dan sedang berjalan, Presiden Taiwan  Tsai Ing-wen menyambut Perdana Menteri St. Vincent dan Grenadines Ralph Gonsalves sebuah negara di Karibia. 

Dia bertekad untuk tetap mengunjungi pulau itu meskipun ada tekanan dari Beijing.

"Perdana Menteri Gonsalves menyatakan bahwa latihan militer China tidak akan mencegahnya mengunjungi teman-temannya di Taiwan"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan