Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Sales - Engineer, Marketer and Story Teller

Movie Enthusiast KOMIK 2020 | Menulis seputar Worklife, Movie and Hobby

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

"Shogun" Dampak Besar, Tanpa Perang Menggelegar

5 Mei 2024   20:07 Diperbarui: 13 Mei 2024   17:06 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"I don't control the wind, i just study it." Yoshii Toranaga

Karisma, ketenangan, serta kepintaran dalam mengatur strategi adalah keunggulan Toranaga, keunggulan yang membuatnya tidak bisa begitu saja dikalahkan, dia selalu saja punya cara  untuk bisa lolos dari malapetaka, bahkan saat malapetaka itu sudah sampai di orang-orang terdekatnya, dia masih bisa untuk selamat.  

Malapetaka ini bermula saat kehadiran para pelaut inggris. Jhon Blackthorne, seorang navigator yang dipaksa oleh keadaan untuk menjadi kapten kapal, dengan niat awal untuk meminta keselamatan dirinya dan rekan-rekannya malah jadi tokoh sentral dalam perang yang  terjadi.

Jepang dan Dunia Luar.

Apa yang dialami Jhon tak ubahnya seperti apa yang terjadi dalam genre "isekai"dalam cerita anime, yaitu mengenai seseorang yang secara tiba-tiba berada di dunia yang asing, dunia yang sangat berbeda dari dunia yang dia tinggali.

"Edo" wilayah Jepang, dimana Jhon terdampar. Tidak ada satu orangpun yang bisa berbahasa inggris, karena itu situasi jadi makin kacau karena dia tidak bisa berkomunikasi dengan orang-orang disana.

Jhon bukanlah satu-satunya orang Eropa di sana, para pendeta Portugis sudah mendarat di tanah tersebut, belasan tahun yang lau, namun karena Portugis dan Inggris dalam kondisi perang, orang Portugis yang menerjemahkan perkataan Jhon, memberikan terjemahan yang berbeda dari apa yang dia katakan, membuat Jhon jadi makin terdesak.

Jhon Blackthorne yang diperankan oleh Cosmo Jarvis harus berada di dunia yang asing | courtesy Disney+ 
Jhon Blackthorne yang diperankan oleh Cosmo Jarvis harus berada di dunia yang asing | courtesy Disney+ 

Bangsa Portugis yang ada di Jepang telah berhasi menyebarkan agama Katolik disana, meski belum memiliki pengikut yang banyak namun, beberapa samurai dan para tokoh penting sudah beragama katolik.

"Jepang Katolik" atau "Samurai Katolik" adalah premis unik yang akan menarik untuk dikembangkan menjadi cerita, menjadi suatu pembuktian jika Jepang di masa lalu, tidak benar-benar terisolasi dari dunia luar. Apa yang terjadi di dunia luar (Eropa) juga sampai di Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun