Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Freelancer - Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Bukan Lagi Manipulatif, "Sales" Harus Solutif

6 Oktober 2021   05:55 Diperbarui: 6 Oktober 2021   17:33 262 11 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi seorang sales sedang menawarkan dan menjelaskan produk yang dijualnya kepada calon pembeli. Sumber: senivpetro/freepik.com

Toru Muranishi adalah seorang sales yang menjual ensiklopedia bahasa Inggris.

Tapi meski dia menjual ensiklopedia bahasa inggris, namun kemampuan bahasa inggrisnya sangatlah minim, bahkan dia tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris. 

Terlebih Muranishi tidak memiliki target market kepada siapa dia akan menjual ensiklopedianya tersebut, dia hanya menawarkan ensiklopedia tersebut dari satu pintu ke pintu lainnya.

Dengan tidak memiliki target market dan kurangnya pengetahuan akan demografi pembelinya, maka Muranishi menggunakan cara "manipulatif", dia bersikap ramah dan baik kepada calon pelanggannya, menyanjung mereka hingga tersipu dan terdorong untuk membeli ensiklopedia tersebut, meski mereka sebenarnya tidak membutuhkan ensiklopedia tersebut.

Sales yang Sudah Ketinggalan Zaman.

Cara seorang sales yang menjual seperti apa yang dilakukan oleh Toru Muranishi ini adalah cara lama yang seharusnya sudah ditinggalkan, karena kejadian Muranishi menjadi sales ini memang terjadi di masa lalu, sekitar tahun 1980an dan tentu sudah tidak relevan dengan masa sekarang.

Sosok Toru Muranishi yang penulis ceritakan diatas bukanlah sosok fiktif dan masih hidup hingga saat ini, beliau ini adalah sosok kontroversional yang berhasil menjadi sutradara film dewasa Jepang terkenal dan memulai karirnya sebagai seorang sales.

Lebih lengkap mengenai perjalanan hidup Toru Muranishi bisa anda tonton di series yang ditayangkan di Netflix yang berjudul "Naked Director" dimana peran Toru Muranishi dibawakan dengan sangat apik oleh Takayuki Yamada. 

Toru Muranishi dalam The Naked Director | Dok. Netflix 
Toru Muranishi dalam The Naked Director | Dok. Netflix 

Artikel ini tentu tidak mengulas mengenai series "Naked Director", namun membandingkan seperti apa sales di masa lalu dan masa kini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan