Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Chemical Engineer | Amateur Runner | Coffe and Comic Lover [KBC-22]

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Artikel Utama

Belum Pasti Jadi Kawasan Industri, Pelamar Kerja di Brebes Membludak

19 Juni 2020   10:23 Diperbarui: 20 Juni 2020   21:23 314 15 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belum Pasti Jadi Kawasan Industri, Pelamar Kerja di Brebes Membludak
Ilustrasi ramainya para pelamar kerja : source : Tribunnews.com (Dok Tribunews/Herudin) 

"Lur, ana info loker ora ?"

Sebuah pertanyaan muncul di grup facebook "Loker Brebes", pertanyaan yang menggunakan bahasa brebesan itu jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia adalah "saudara-saudara ada info lowongan pekerjaan tidak ya?"

Berita mengenai Brebes yang akan menjadi kawasan industri memang cukup hangat diperbincangkan beberapa waktu lalu, berita ini muncul setelah ada rencana relokasi industri milik Amerika Serikat dari Cina ke Indonesia.

Brebes disebut menjadi pilihan yang tepat, mengingat masih banyak lahan kosong dan banyak faktor lain yang sangat mendukung, lebih lanjut mengenai ulasan ini bisa Anda baca di tulisan "Berubah Menjadi Kawasan Industri, Bawang Merah Akan Hilang dari Brebes ?".

Brebes Tak Jadi Kawasan Industri
Namun kepastian jika Brebes menjadi kawasan industri makin hari bukannya makin jelas, malah makin tidak jelas, belum lama malah muncul kabar jika Brebes tidak akan menjadi kawasan industri, kawasan industri dari Amerika Serikat ini, nantinya akan dipindahkan ke daerah lain.

"Mengenai proyek pembangunan kawasan industri di Brebes, kemungkinan akan diubah ke Batang, tapi hal masih terlalu dini untuk dibicarakan," ungkap Menteri BUMN, Erick Thohir melalui video conference pada (9/6) lalu.

Menteri BUMN Erick Thohir | source : Kompas.com (Dok. Akhdi Martin Pratama) 
Menteri BUMN Erick Thohir | source : Kompas.com (Dok. Akhdi Martin Pratama) 

Permasalahan banyaknya pembebasan lahan yang harus diselesaikan, disinyalir menjadi salah alasan kenapa Brebes tidak dipilih menjadi kawasan industri baru tersebut, mengingat kawasan industri ini akan dibangun secara cepat, maka diperlukan tempat yang sudah lebih siap dari Brebes.

Keputusan ini memang masih belum final, tapi lambat laun Brebes akan menjadi kawasan industri adalah hal yang saya percaya, meskipun tidak dalam waktu dekat, mengingat saat ini jumlah pabrik makin lama makin bertambah di wilayah kabupaten Brebes.

Transformasi warga Brebes yang dulunya berprofesi sebagai petani menjadi karyawan pabrik juga sudah sangat terasa, seperti contoh kejadian yang saya tuliskan di awal,grup facebook tersebut selalu ramai oleh para pemburu lowongan pekerjaan yang ada di wilayah Brebes.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x